Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 05 November 2013

Keep Struggle On Our Boat

"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui,” (Qs. Al-Baqarah : 216)

7 bulan sudah gue mengarungi biduk pernikahan dengan si Abang. Pastinya ada ombak-ombak yang siap menerjang. Cuma karena baru 7 bulan, jadi ombaknya masih ombak kecil. Belom segede yang dialamin bokap nyokap atau yangti yangkung gue. Gue yakin kalo ombak-ombak yang menerjang setiap biduk rumah tangga itu akan membawa penumpangnya ke suatu pulau indah jika penumpangnya keep struggle untuk tetap bertahan di atas biduk itu. Bukannya malah gak sabaran, berontak, terus biduknya oleng dan bikin para penumpangnya tenggelam ke dasar laut.

Saat ini biduk kecil gue lagi diterpa ombak kecil yang bikin gue dan si Abang sedikit oleng. Sampai 7 bulan ini gue belom juga hamil. Sedih, pastinya. Karena biduk-biduk lain yang berlayar di belakang kami satu per satu udah menunjukkan adanya bakal kehidupan baru. Ketika gue masih menjadi penduduk darat yang lagi mempersiapkan pelayaran, gue dapet banyak petuah dari pelayar-pelayar sebelum gue gimana caranya buat ngedapetin bakal kehidupan baru. Petuah itupun gue teruskan ke temen-temen darat gue yang akan berlayar setelah gue. Temen gue berhasil. Dan gue terus gagal. Padahal gue udah ngikutin semua petuah dengan benar. Termasuk ngikutin program kalender masa subur. Tapi setiap bulannya, si merah selalu datang menginap. Selalu di tanggal yang berdekatan. Tidak pernah kurang dari 7 hari. Bahkan kadang diperpanjang hingga 8 atau 9 hari.

Gue nanya ke temen jauh gue yang pernah ngalamin hal yang sama kayak gue. Dia nyuruh gue rutin minum air kelapa hijau yang seratnya warna pink. Kelapa hijau bisa dibilang salah satu 'obat' alam yang bisa nyembuhin berbagai penyakit, termasuk ngebersihin saluran rahim. Saluran rahim yang tersumbat bisa menghalangi jalannya raja sperma yang masuk untuk bertemu dengan jodohnya, ratu ovum. Gue sendiri gak tau apakah ada sumbatan di saluran rahim gue. Gue sendiri belom ngecek.

Beberapa hari lalu gue ke dokter obgyn. Karena gue ngeflek di tanggal yang tidak seharusnya si merah biasa datang. Gue dicek dengan transvaginal. Dokter bilang ada penebalan pada dinding rahim. Kemungkinannya ada dua: 1. Hamil dengan ancaman keguguran; 2. Si merah akan datang dengan siklus tanggalan lebih awal dari biasanya.
Gue disuruh cek ke lab. Selama 1/2 jam gue deg-degan nunggu hasil. Gue mau yang terbaik. Gue mau hamil tapi tanpa ancaman keguguran. Gue yakin Allah pasti akan ngasih yang terbaik buat gue.
1/2 jam lewat, hasil gue keluar.

Negatif.

Gue tarik nafas. Gue masih yakin kalo inilah hasil yang terbaik. Hasil 'positif dengan ancaman keguguran' mungkin akan membahayakan diri gue dan bakal anak gue. Dan itu akan merepotkan suami gue, bahkan keluarga gue. Menurut gue, orang keguguran itu ibarat orang yang diajak untuk terbang tinggi, tapi pas udah di atas, tiba-tiba lo dijatohin. Brak! Semua tulang lo patah, tapi hati lo yang paling hancur.

Dokter bilang gue tunggu sampe si merah datang lagi. H+12 setelah si merah datang, gue akan ketemu dokter lagi buat USG. Dokter akan ngeliat kondisi sel telur gue, saluran rahim gue, dan posisi rahim gue.

Seorang tante gue bilang kalo gue belom juga hamil bukan karena kondisi gue yang kenapa-kenapa. Tapi karena Allah tahu gue belom siap menjadi seorang ibu. Allah akan nunggu sampe waktu yang pas buat gue punya anak. Mungkin tante gue bener. Gue belom siap jadi ibu. Gue hanya siap jadi istri. Gue masih suka jorok. Gue jarang beberes. Rasanya males buat bersih-bersih. Gue nyuci baju gue dan suami hanya 1x dalam seminggu pas weekend. Paling banyak 2x. Itupun gak semua. Sebagian udah dicuci si mbok. Gue hanya masak 1x seminggu, yaitu bikin breakfast Sunday gue dan suami: Indomie telor 2 porsi yang disajiin dalam 1 mangkok gede. Selain itu, terakhir masakin si Abang cumi-cumi saus asam manis -kalo ga salah- 1,5 tahun lalu pas si Abang ulang tahun. Dan itupun status kami masih pacaran. Ketika status kami suami-istri, gue belom pernah masakin doi lagi selain breakfast Sunday kami.

Buat gue, weekend itu waktu yang pas buat istirahat setelah selama weekdays fisik dan otak gue diperas buat ngumpulin harta. Berangkat pagi 05.30 dari Depok menempuh 1,5 jam perjalanan ke Sudirman. Pulang kantor jam 5 paling cepet dan sampai Depok lagi lewat jam 07.30. Itu kalo gak macet, dan gak lembur. Sampe rumah gue tidur. Bahkan gue terlalu capek buat mandi. Kadang-kadang gue ketiduran, dan baru jam 2 pagi kebangun karena belom sholat Isya.

Gue sadar gue masih belum bisa mengatur waktu gue dengan baik sebagai seorang wanita pekerja dan sebagai ibu rumah tangga. Gue sadar harusnya gue gak boleh kalah sama rasa capek dan godaan buat rebahan di kasur yang bikin mata gue terpejam lama. Harusnya gue masih sempet ngerendem baju-baju gue dan suami selama 1/2 jam, bilas sebentar, terus jemur. Gue juga harusnya masih bisa nyicil baju-baju gue dan si Abang yang udah kering barang 2-4 pakaian. Gak banyak. Tapi gue belom bisa kayak gitu. Padahal gue masih berdua. Masih belom ada 'beban' di perut gue.

Mungkin Allah masih mau melatih gue supaya gue bisa double job sebagai pekerja sekaligus ibu rumah tangga. Karena gue dirasa belom siap, maka Allah belom mau mempertemukan gue dengan calon anak gue. Mungkin Allah tau kalo gue hamil segera, akan ada sesuatu yang lebih buruk menimpa gue. Gue percaya, Allah itu sang sutradara semesta yang bikin skenario kehidupan. Dalam skenarionya, biduk gue masih harus ngelewatin ombak-ombak kecil dulu sebelum ketemu pulau kecil pertama kami. Seperti yang gue yakinin selama ini, untuk keep struggle di atas biduk kami. Boleh jadi gue gak suka akan sesuatu, tapi itu emang baik buat gue.

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.