Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 31 Januari 2016

Penggunaan Tisu Basah untuk Cebok Bayi (note to myself)

Udah lama gak posting, mumpung ada waktu, ada bahan yang mau ditulis, kebetulan Niqu lagi bobok kecapean abis main dan si Abang/Babeh lagi asik dengan bisnis barunya, jadi gak ada salahnya buka-buka kembali blog yang sudah beberapa bulan tak tersentuh *tsaaahh.

Btw, mulai sekarang panggilan si Abang resmi saya ganti jadi si Babeh karena tampilan dan wajah beliau saat ini lebih pas dipanggil si Babeh.

Baru-baru ini denger kabar dari temen kantor lamanya Babeh punya bayi perempuan yang kena infeksi saluran kemih. Nah lho! Kok bisa?? Saya sendiri baru kali ini baru denger bayi perempuan yang kena, biasanya bayi laki-laki yang berujung pada sunat dini. Katanya sih, akibat kebiasaan penggunaan tisu basah buat cebok si bayi pas buang air. Hmmm.. sebagai pengguna tisu basah kok kayaknya aku rodo ndak nrimo yo?!

Si Babeh sendiri belom ngobrol langsung sih sama temennya itu jadi gak tau detailnya gimana bisa tisu basah menyebabkan infeksi saluran kemih. Emang sih tisu basah itu pastinya ada campuran zat kimia. Tapi harusnya sebelum dipasarkan udah diteliti aman dong ya buat bayi. In my opinion sih sepertinya ada yang salah dengan cara penggunaannya.

Ini sebagai reminder buat saya ke depannya, dan buat anak cucu saya yang akan saya paksa buat baca wejangan-wejangan saya di blog ini. Penggunaan tisu basah sah-sah saja asal dengan batasan. Saya sendiri hanya menggunakan tisu basah dalam kondisi darurat, misalkan dalam perjalanan, atau sedang berada di tempat yang kondisi airnya kurang bagus. Untuk sehari-hari di rumah saya lebih suka menggunakan kapas yang dibasahi dengan air. Hal ini saya lakukan pada saat Niqu masih berusia 0-6 bulan. Setelah 6 bulan, Niqu dibiasakan cebok dan cuci tangan langsung di wastafel, lalu dikeringkan dengan handuk/tisu kering biasa. Pada saat cebok, harus benar-benar bersih dan dipastikan tidak ada kotoran yang masih tersisa. Setau saya, bayi perempuan juga mengalami keputihan seperti halnya wanita dewasa. Jadi ketika membersihkan alat vital bayi gak bisa tuh buru-buru asal cepet.

Jika dalam kondisi darurat dan harus menggunakan tisu basah, setelahnya harus dilap lagi dengan handuk/tisu kering. Hal ini untuk meminimalisir zat-zat kimia pada tisu basah yang nempel di bagian tubuh bayi yang habis dilap.

Membersihkan alat vital bayi juga harus pelan-pelan dan hati-hati. Jangan sampai menimbulkan luka. Orang yang membersihkan pun tangannya harus bersih dan kukunya gak boleh panjang. Mana tau kecakar atau gak sengaja kegaruk kasian bayinya.

Selain itu, pemakain pospak juga jangan terlalu lama. Kadang-kadang si ibu merasa kalau bayinya gak banyak pipis jadi pospaknya gak diganti-ganti padahal udah lama dipakenya :(
Sama halnya dengan pembalut dan pantyliner yang harus diganti beberapa jam sekali untuk mencegah keputihan dan kanker -walaupun haidnya sedikit- begitu juga dengan pospak. Niqu diganti pospaknya setiap 4-5 jam walaupun pipisnya sedikit. Kalo pas pake clodi biasanya agak lamaan dikit, kira-kira 5-6 jam sekali diganti, supaya gak pesing dan gak terlalu lembab. Terlalu lama menggunakan pospak/clodi juga gak baik buat bayi, bisa ruam popok dan infeksi saluran kemih.

Memang dalam hal mengurus bayi itu rempongnya minta ampun. Ada aja kejadian yang gak enak. Tapi hal itu bisa kita jadikan pelajaran untuk ke depannya bisa mengurus bayi dengan lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.