Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 22 Juli 2015

Welcome to the world, Niqu!

Alhamdulillah akhirnya ngerasain juga cuti khusus 3 bulan buat emak-emak kantoran yang lahiran. Alhamdulillah akhirnya ngerasain juga rasanya operasi caesar. Alhamdulillah akhirnya ngerasain juga bangun tengah malem berkali-kali, kurang istirahat, punggung pegel, dll. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah..

Alhamdulillah putri pertama kami lahir pada tanggal 18 Mei 2015 pukul 15.43 WIB di RS Bunda Margonda dengan operasi caesar. Kenapa caesar?

Sejak hamil, dokter udah wanti-wanti karena air ketuban saya jumlahnya cenderung sedikit. Memang biasanya wanita hamil yang bekerja air ketubannya cenderung lebih sedikit dikarenakan aktivitas pekerjaan dan stres. Makanya harusnya saya mengkonsumsi air putih lebih banyak dari seharusnya. Saya sendiri nyoba untuk lebih sering minum sih, tapi yang namanya kerjaan, apalagi mau cuti lama jadi suka kelupaan minum.

Seminggu sebelum lahiran, dokter bilang air ketuban saya sedikit di bawah ambang batas normal. Kalo normalnya index minimum ketuban adalah 10, air ketuban saya indexnya cuma 9. Yang bikin dokter saya heran, air ketuban saya sedikit tapi anak saya termasuk besar karena sudah menyentuh bobot 3 kg. Biasanya kalo ketuban sedikit anaknya cenderung kecil. Selain itu pergerakan bayi juga semakin lama semakin jarang dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.
Seminggu kemudian, di tanggal 18 Mei itu cek ke dokter lagi ternyata index ketuban saya semakin menurun di angka 7. Dokter akhirnya menyarankan untuk induksi khawatir air ketuban yang semakin sedikit sehingga suplai oksigen ke bayi semakin berkurang. Saat itu usia kandungan sedang berada di minggu ke-38 menuju ke-39, jadi untuk melahirkan saat itupun sudah sangat cukup waktunya.
Sayangnya si dedek bayi posisinya masih agak jauh dan miring 34 derajat, dan kemungkinan induksi gagal 80%. Dokter bilang kalo induksi gagal, maka sayapun harus siap-siap untuk caesar.

Karena induksi itu sakit, caesar juga sakit, dan induksi yang gagal kemudian dilanjut caesar itu sakitnya double, belom lagi biayanya juga double, akhirnya saya dan keluarga memutuskan untuk caesar aja gak pake induksi.
Karena keputusan caesar-nya mendadak saat itu juga, mau gak mau kena biaya CITO dari rumah sakit. Hiks..

Setelah ditusuk jarum sana-sini buat infus, cek alergi obat, ambil darah, dan bius akhirnya dilaksanain juga operasi caesar sekitar jam 3-an sore, dimulai dengan pergosipan para dokter dan tim operasi mengenai kehidupan perumahsakitan setempat. Saya sendiri sih sejak biusnya bekerja cuma berasa digoyang-goyang. Tiba-tiba aja dokternya bilang "Halloooo.." terus ada suara tangisan bayi serek-serek basah -yes! Bayi gue suaranya seksi.

Gak lama, si dedek bayi cantik dibersihin dan dipotong tali pusarnya. Terus langsung ditaro di dada saya buat IMD (Inisiasi Menyusui Dini). Kalo lahiran normal, IMD dilakukan 60-90 menit sampe bayi nemuin puting ibunya. Karena caesar jadi IMD-nya cuma 10 menit aja. Si dedek ditelentangin horizontal di dada saya dan selama 10 menit cuma diem aja ngeliatin ibunya.

Bayi kami terlahir dengan berat 3.16 kg dan panjang 49 cm. Kami memberinya nama Nirmala Syaza. Nirmala artinya putih, bersih, suci. Syaza artinya harum. Kami sengaja memberi nama cukup 2 kata saja supaya gak terlalu panjang dan gak repot kalo dia mau ngurek-ngurekin namanya pas UAN. Muahahahahahahaha..
Kalo ada yang tanya buat paspor nanti gimana karena harus 3 kata, yaa tinggal tambahin nama belakang bapake, Fauzi.
Oiya, panggilannya Niqu. Kenapa Niqu? Karena tadinya si Abang mau ngasih nama Shaniqua. Awalnya saya iya-iya aja. Tapi setelah dipikir-pikir, kasian anaknya kalo namanya ribet-ribet. Mendingan yang tulisannya simple-simple aja, biar cara bacanya pun simple juga. Itu aja "syaza" udah dianggap ribet sama orang-orang tua.

Saya komit untuk ngasih Niqu ASI sampe usia 2 tahun dengan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama. Dan yang awalnya saya pikir akan sebegitu mudahnya ngasih ASI, dari hari pertama nyusuin Niqu aja udah dimulai dengan berbagai cobaan. Minggu-minggu awal nyusuin Niqu adalah cobaan berat yang nguras darah dan air mata buat saya. Lebay emang tapi itulah yang saya rasain. Belom lagi waktu tidur Niqu yang masih sesuka jiwa gak ngikutin jam tidur orang. Siang dia tidur lamaaaaaa banget sampe sore dan susah banget dibangunin. Eh giliran malem gak tidur-tidur.

Sehari setelah melahirkan, saya baru ditemuin lagi sama Niqu setelah di ruang operasi. Kebijakan di RS Bunda bayi akan bobok bareng sama mamahnya. Yeay! Saya seneng banget waktu itu. Karena biasanya bayi tidur terpisah di ruangan khusus bayi. Tapi ternyata itu adalah pertama kalinya nightmare bagi saya dan si Abang karena Niqu gak tidur-tidur. Saya udah berkali-kali ubah posisi buat nenenin Niqu sambil nahan rasa sakit caesar dan rasa sakit puting yang lecet. Gantian sama si Abang yang gendong dia berjam-jam nidurin dari mulai nyanyi-nyanyi sampe dibacain doa-doa. Popok juga udah diganti karena khawatir Niqu risih popoknya udah penuh. Niqu melek dari habis maghrib sampe habis subuh pagi berikutnya. Lebih dari 12 jam! Wew! Baru semalem aja Niqu sukses bikin bapak ibunya kurang tidur.

Dan perjuangan kami merawat Niqu pun dimulai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.