Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 31 Juli 2015

Perjuangan Menyusui: Antara Air Mata dan Darah

Judul postingan ini sangat lebay apalagi kalo dikorelasiin sama menyusui. Emang selebay apa sih sampe nyusuin aja pake air mata dan darah? Yaaaahh, yang namanya nyusuin bayi, apalagi kalo ibunya keukeuh cuma mau ngasih ASI, ada aja segala cobaan buat pake sufor. Tapi karena si ibu masih idealis, dan Alhamdulillah RS Bunda pro-ASI dan ada konsultan laktasinya.

1. ASI yang keluar sedikit

Hal yang lumrah sebetulnya ibu melahirkan ASI-nya masih sedikit atau bahkan gak keluar sama sekali. Saya paham soal ini karena udah diedukasi sama konsultan laktasi rumah sakit. Tapi cobaan justru datang dari ibu saya sendiri yang ngebanding-bandingin sama doi waktu dulu. Nyokap udah keluar kolostrum (cairan awal ASI berwarna kuning yang kaya akan nutrisi yang diperlukan bayi) dari pas hamil. Pas melahirkan nyokap ASI-nya melimpah ruah, keluarnya mancur, sampe saya yang masih bayi muntah karena saking banyaknya. Beda banget sama saya yang kolostrumnya baru keluar menjelang lahiran, dan itupun harus dipencet dulu agak keras baru keluar setetes. Setelah melahirkan kolostrumnya agak banyak karena yang keluar beberapa tetes.

Terus saya dimarahin karena gak pernah perawatan payudara pas hamil, jarang makan sayur buah juga buat ngelancarin ASI. Tapi saya tetep keukeuh nyusuin Niqu walaupun yang keluar baru kolostrum dan jumlahnya masih dikit. Terus nyokap ngomel, doi gak mau cucunya kelaperan. Padahal nyokap udah dijelasin sama konsultan laktasi RS kalo newborn baby punya cadangan makanan sampe 72 jam setelah lahiran, lambungnya masih sebesar kacang, kebutuhan asupannya masih sedikit, jadi gak perlu takut kelaperan, bla bla bla. Tapi tetep aja saya dibanding-bandingin sama dirinya dulu karena ASI saya masih sedikit. "Ibu mah dulu begini, ibu mah dulu begitu."
Gimana gak sutris cobaaaa?? Orang baru lahiran, masih sakit pasca operasi apalagi pas obat biusnya udah ilang, mau duduk aja sakitnya minta ampun, ini malah diginiin??!! Sakitnya tuh di sini (unjuk bekas belekan caesar).

Alhamdulillah ya untungnya si Abang udah komitmen jadi ayah ASI yang baik. Sayanya dibikin hepi terus biar semangat nyusuin dan ASI yang keluar makin banyak. Dibeliin sushi, dan rasanya bisa makan sushi setelah 9 bulan puasa sushi itu maknyus alainyussss. Terus punggung dipijitin. Si Abang juga ngambil cuti seminggu dampingin terus istrinya. Dan usaha si Abang ini membuahkan hasil karena ASI saya mulai keluar sedikit-sedikit.

2. Tongue Tie

Minggu-minggu awal nyusuin Niqu adalah ujian terberat secara psikis dan fisik bagi saya. Niqu terlahir dengan kondisi tongue tie. Tongue tie adalah kondisi di mana tali lidah si bayi berada di bagian depan lidah sehingga lidah si bayi pendek dan tidak bisa memaksimalkan penggunaan lidahnya.

Sumber: BMJ-Tongue-Tie.jpg
Pada saat menyusu, bayi akan menggerakkan lidahnya pada puting si ibu untuk meminum ASI, dan karena gerakan lidah si bayi inilah yang mengeluarkan ASI dari tempatnya. Karena kondisi tongue tie, Niqu gak bisa memaksimalkan gerakan lidahnya. ASI yang keluar pun jadi cuma sedikit. Udah berjam-jam nyusu tapi Niqu seperti gak kenyang-kenyang. Apalagi kalo malem-malem rewel gak tidur-tidur. Siap-siap deh begadang.

Selain itu puting saya menunjukkan tanda-tanda lecet yang kemudian berubah menjadi luka seperti sayatan yang sakitnya maknyussss. Jujur saya mengalami ketakutan luar biasa setiap mau nyusuin Niqu. Satu-satunya hal yang menguatkan saya adalah rasa sayang saya sama Niqu apalagi kalo ngeliat Niqu nangis minta nenen. Setiap kali nyusuin saya pasti merintih nahan sakit sambil baca-baca doa supaya diringanin rasa sakitnya sama Allah.

Setelah konsul sana-sini, baca-baca artikel, nanya sama temen yang anakya tongue tie juga, satu-satunya solusi permasalahan tongue tie ini adalah dengan tindakan incisi pada bayi, alias tali lidahnya digunting!

Awalnya gak tega aja ngebayangin Niqu yang masih bayi merah digunting tali lidahnya. Tapi seorang teman bilang, dan hasil baca dari artikel-artikel juga, kalo mau incisi lebih cepat lebih baik. Karena makin besar si anak, rasa sakit pas incisi-nya makin berasa. Sebenernya dokternya Niqu bilang tongue tie ini bukan masalah selama bayi masih bisa menyusui dengan benar. Cuma lama-kelamaan tongue tie ini jadi masalah besar buat saya karena rasa sakit yang makin lama makin tak tertahankan. Luka pada puting semakin parah kayak abis disilet. Apalagi Niqu nenen bisa 2 jam lebih. Diem-diem saya nangis di kamar pas lagi gak ada orang. Nangis karena nahan sakit dan nangis karena ngerasa gagal jadi ibu buat Niqu. Saya nangis sambil minta maaf ke Niqu yang dibalas dengan tatapan polos Niqu *makin kejer nangisnya*.

Puncaknya di hari ketujuh pas lagi aqiqah, saya ngeliat ada darah di mulut Niqu yang ternyata darahnya berasal dari puting saya. Niqu juga rewel minta nenen dan saya udah kesakitan banget gak tahan buat nyusuin lagi. Akhirnya saya pompa ASI. Awalnya berhasil dan Niqu bisa minum ASI dengan puas sementara waktu. Tapi gak lama pas pompa lagi, ASI saya udah bercampur darah karena saking parahnya luka pada puting.

Kemudian diputuskanlah untuk incisi aja buat nyelesaiin persoalan tongue tie ini. Akhirnya di hari ke-10 dilakukanlah tindakan incisi ini di RS Bunda Margonda dengan biaya Rp 400 ribuan. Tadinya mau di KMC (Kemang Medical Center) yang udah fasih ngurusin persoalan tongue tie. Tapi masalahnya mahal biayanya lebih dari Rp 1juta, terus jauh, gak ada yang nganterin, sedangkan kalo mau nunggu weekend sayanya udah gak tahan *cengeng*. Kasian juga sama Niqu, nenen gak pernah puas. Jadinya diputusin di RS Bunda aja yang deket. Tadinya mau di hari ke-9 tindakannya, tapi karena di RS Bunda belom pernah ada kasus tongue tie, jadinya gak ada persiapan peralatan tindakannya. Dokternya mesti ambil dulu di RS Bunda Menteng, jadi baru bisa tindakan di keesokan harinya. Untung dokternya ini pernah praktek di KMC dan pernah nanganin kasus tongue tie juga, jadi saya gak khawatir tindakan incisi-nya bakalan gagal. Kalo sampe gagal kasian Niqu, dan kasian saya bisa sutris berat.

Pas hari tindakan incisi ini akan dilakukan saya dianter bapak ibu yang nyuri-nyuri waktu di sela-sela waktu istirahat ngajar. Eh ibu saya bukannya nemenin masuk ke ruangan dokternya malah kabur ke kantin. Katanya gak tega ngeliat dan gak tega denger tangisannya juga. Pada saat akan dimulai tindakan Niqu lagi bobok. Cuma pas dokter mulai masukin alat ke mulutnya dia mulai bangun dan nangis karena risih. Saya udah nguatin hati pas tali lidah Niqu mulai dipotong. Niqu nangis, tapi gak kejer, dan Alhamdulillah nangisnya gak lama. Abis dikasih obat sama dokternya dia anteng. Terus saya disuruh coba nyusuin. Dan itu rasanya much much MUCH BETTER!! Emang sih masih kerasa perih-perih sedikit karena putting saya kan masih luka. Sama dokter disuruh dibalurin ASI buat ngobatin lukanya. Dan bener loh cepet sembuh! ASI emang luar biasa!

After incisi, Niqu gak perlu waktu berjam-jam buat nyusu. Waktu awal-awal masih butuh waktu sekitar 1 jam sih buat nyusu karena mungkin Niqu masih adaptasi dengan kondisi lidahnya. Lama-lama waktu nyusunya berkurang jadi cuma setengah jam, dan sekarang paling cuma sekitar 15-20 menit nyusu.

Terus yang paling membuat ibunya bahagia adalah gak perlu nahan-nahan sakit lagi pas nyusuin, gak perlu pake drama nangis-nangis minta maaf sama si bayi, gak perlu stres ketakutan macem-macem. Sekarang menyusui bukan lagi aktivitas menyeramkan bagi saya.

3. Bayi kuning

Akibat ASI yang keluar awalnya masih sedikit dan kasus tongue tie, Niqu sempet kuning ketika usianya 4 hari. Harusnya di hari ke-4 itu Niqu udah boleh pulang ke rumah. Cuma karena pas dicek bilirubinnya naik, mau gak mau harus disinar selama 24 jam. Dan mau gak mau pula Niqu nyusu melalui dot, jadinya saya harus pompa ASI.

Sedih banget mesti pisah sama Niqu. Emang sih setidaknya saya dan Abang punya waktu istirahat buat ngegantiin malam-malam sebelumnya di mana kami begadang. Tapi tetep aja kepikiran sama Niqu. Tiap kali nganter ASI ke ruang perawatan bayi, saya selalu minta liat Niqu walaupun cuma semenit. Waktu itu mompa ASI selama 1 jam udah gantian payudara kanan dan kiri, tetep aja ASI yang keluar cuma 40 ml.


Alhamdulillah saya bisa menjaga komitmen saya sejak hamil buat ngasih ASI ke Niqu. Saya memaksa diri saya sendiri untuk gak ngasih sufor walaupun ada berbagai cobaan yang mesti dihadapi. Alhamdulillah punya suami yang semangat jadi ayah ASI. Alhamdulillah saya masih bisa menjaga kewarasan untuk membahagiakan diri sehingga ASI tetep keluar. Dan berkat rangsangan dari si Niqu yang konsisten nyusu setiap 2 atau 3 jam, jumlah ASI saya meningkat dan sekarang malah melimpah ruah sampe tumpe-tumpe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.