Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 18 Agustus 2015

Baby Blues Attack

Saya pikir dengan jangka waktu 1.5 tahun untuk hamil + 9 bulan hamil, dengan rentang waktu 2 tahunan nungguin Niqu hadir ke dunia saya gak bakalan kena baby blues. eh gak taunya kena juga >.<

Yang menyadari saya kena baby blues ini diri saya sendiri karena kejadiannya pas lagi gak ada orang di rumah. Itupun saya sadarnya baru sekarang-sekarang ini setelah ditanya temen rasanya jadi ibu, "eh kayaknya waktu itu gue kena baby blues deh, xixixixixi". Mungkin yaa.. mungkin saya kena baby blues tapi masih tahap ringan jadi gak terlalu gimana-gimana.

Saya mengalami baby blues di sebulan pertama setelah lahiran. Karena kondisi tongue tie yang dialamin Niqu menyebabkan saya berubah menjadi drama queen. Apalagi pas lagi gak ada orang, saya di rumah sendiri cuma berdua sama si mbok yang entah keberadaannya antara ada dan tiada, yaudah di kamar berlinang-linang air mata, mulut komat-kamit minta pertolongan Allah. Itu baru tongue tie, belom lagi kalo si Niqu nangis gak jelas maunya apa. Stres!

Puncak ke-stres-an saya, waktu itu udah gak tahan saking sakitnya nyusuin Niqu, saya udah gak mau nyusuin karena luka sayatan akibat tongue tie Niqu sudah tak tertahankan, si Niqu nangis gak jelas entah maunya nenen, digendong, atau.. entahlah.. akhirnya.. Niqu saya lempar ke kasur terus saya bentak, "Kamu maunya APA??!!" Padahal Niqu masih bayi merah, usianya belom ada sebulan. I was very mad and stressed at that time.
Niqu tentu saja menangis makin keras dan saya langsung merasa bersalah. Peluk Niqu sambil nangis-nangis terus akhirnya beraniin diri buat nyusuin Niqu sambil nahan sakit yang semoga deh bikin dosa-dosa saya diampunin Allah *amiin*.

Terus pernah juga tengah malem Niqu kebangun, nangis gak jelas juga. Saya udah terlalu lelah untuk bangun. Saya coba bangunin si Abang buat gantian ngurus Niqu karena sepertinya Niqu pipis *saya gak pakein pospak*. Biasanya kalo kebangun buat nidurin Niqu lagi mesti digendong-gendong sambil dinyanyiin. I didn't have energy left to do that. Sayangnya si Abang gak bangun-bangun aja dong padahal udah digebukin sambil teriak-teriak :(
Akhirnya saya memaksakan diri buat bangun. Ternyata Niqu gak pipis. Disusuin eh malah dimain-mainin yang makin bikin sakit, akhirnya.. Niqu saya cubit! Bener-bener itu spontan seakan-akan ada yang gerakkin saya buat nyubit. Abis dicubit Niqu diem dan nyusu dengan baik. Dan saya pun berlinangan air mata. Ngerasa bersalah sama Niqu karena anak itu sebenernya kan gak ngerti apa-apa. Terus kesel setengah mati sama si Abang yang tidurnya ngalahin kebo bunting.
Iya tau sih si Abang kerja, capek. Tapi ngurus anak seharian juga capek. Kalo kerja kantoran capek masih bisa istirahat, masih bisa makan, bisa ngobrol-ngobrol sama temen begosipan. Lha saya?! Boro-boro mau makan, mau tidur pun gak bisa karena perut keroncongan. Ngegendong bayi walaupun awal-awal beratnya cuma 3-4 kilo tetep aja lama-lama capek. Coba aja tuh bawa gula 4 kilo sejam dua jam apa gak gempor tuh tangan?! Saya cuma bisa makan, mandi, sama pompa ASI buat stok ketika si Niqu sedang tidur. Itupun saya mesti siap sedia kalo Niqu bangun. Ya kalo Niqu bangun, rewel, mau gak mau semua kegiatan dihentikan atau diselesaikan sesegera mungkin dengan terburu-buru. Emang enak?!

Satu-satunya hal yang menyadarkan saya dari serangan si baby blues ini adalah dengan mengingat Allah. Anak itu titipan Allah. Apalagi saya agak susah dapetnya mesti nunggu 2 tahun. Jadi harusnya saya bersyukur. Dulu aja saya nangis-nangis minta dikasih anak sama Allah, sekarang nangis-nangis ngurusinnya >.<

Self reminder kalo sewaktu-waktu saya kena baby blues  lagi untuk kehamilan berikutnya:
  1. Cari hiburan: nonton tv/film, dengerin musik/radio, baca buku, main games, kepoin socmed orang, belanja online minta bayarin suami (baca: si Abang) *MUAHAHAHAHAHAHAHA*.
  2. Dzikir, baca-baca doa, apapun yang mengingatkan diri sama Allah supaya inget anak itu adalah milik Allah yang harus dijaga dan diurus.
  3. Minta bantuan sama anggota keluarga yang lain, misal sama orang tua, adek, atau sodara yang laen buat ngurus si bayi, pokoknya asalkan mulutnya gak bawel ngata-ngatain. "Ini ibunya gimana sih?! Bla bla bla..". Boleh juga minta bantuan pembantu/baby sitter, tapi diusahakan gak terlalu sering dipegang mereka supaya gak jadi "anak pembantu".
  4. Jalan-jalan keluar rumah sama si bayi, misalkan ke mall. Daripada bosen di rumah terus yang ada nambah stres. Si bayi juga biar ada hiburan liat-liat sesuatu yang baru. Terus kalo laper makan di resto, bayarnya pake atm suami *MUAHAHAHAHAHAHAHA*.
  5. Mengkhayal nanti mau ngapain sama si bayi. Misalkan mau travelling keliling dunia. Bikin plan mau ke mana aja, kapan, terus browsing-browsing cari tau butuh biaya berapa, destinasi wisata yang bagus dan baby-able --> bahasa Inggris apa ini?? Atau bisa juga mengkhayal mau dandan cantik kembaran sama si bayi. Browsing-browsing baju couple ibu dan anak yang bagus, beli, terus minta bayarin suami "MUAHAHAHAHAHAHAHA*.
  6. SuamI FARDHU 'AIN hukumnya bantuin ngurus anak sepulang kantor dan pas lagi libur. Enak aja situ cuma mau bikinnya gak mau ngurusnya! Hamil, ngelahirin, baby blues sini yang ngerasain, situ?!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.