Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 09 September 2017

The Question Inside My Head: Why I Choose To Be A Working Mom?

Berhubung hasrat lagi menggebu-gebu buat ngeblog jadi sekalian ajalah ya mumpung ada kesempatan.

Sering banget saya berkhayal ada orang yang bertanya kepada saya mengenai keputusan-keputusan dalam hidup saya. Dan dalam khayalan saya pun menjawab secara terstruktur. Kadang-kadang beneran ada orang yang mengajukan pertanyaan yang sama kayak dalam khayalan saya itu. Contohnya kayak gini:
Kenapa sih lebih milih jadi ibu pekerja ketimbang jadi ibu rumah tangga?
Saya punya beberapa poin jawaban untuk itu. Yang jelas poin nomer 1 adalah MASALAH EKONOMI. Sebenernya, tanpa saya bekerja penghasilan si Babeh mencukupi untuk keluarga kecil kami. KALO yang dibiayain sama si Babeh cuma kami ber-3 doang. Masalahnya, gak semua orang terlahir dengan kondisi yang enak. Dari sebelum nikah, Babeh udah bilang sama saya kalo dia merupakan tulang punggung di keluarganya. Gak perlulah ya orang lain tau detailnya bagaimana. Yang pasti dia merupakan harapan besar keluarga. Berhubung saya katanya istri solehah, ya masa saya mau ngatur-ngatur si Babeh harus fokus sama saya dan Niqu doang. Enggaklah, ntar kuwalat! Lagian si Babeh bisa jadi kayak sekarang berkat doa ibunya juga. Saya mah tinggal nikmatin hasil jadinya aja. Hahaha. Jadi saya harus pengertianlah gak nambah beban si Babeh, malah kalo bisa saya bantu. Buat saya, yang terpenting si Babeh masih memenuhi kebutuhan sehari-hari anak sama keperluan rumah tangga. Kalo kebutuhan saya pribadi kayaknya better saya cari duit sendiri. So, that's the reason number one why I choose to be a working mom.

Poin nomer 2 adalah karena kami butuh tabungan buat ina inu. Buat pendidikan anak mesti nabung dari sekarang. Buat pergi haji/umroh mesti nabung juga. Buat renovasi rumah, beli furniture, ina inu segala macem mesti nabung juga. Masalahnya kalo saya gak kerja, related to point 1, jadi gak ada sisa uang buat ditabung :P

Poin nomer 3 dikarenakan -in my opinion yang dipengaruhi oleh pemikiran ibu saya- bahwa perempuan itu harus punya penghasilan sendiri. No matter what you are, stay at home or working mom, you have to make your own money and have your own savings. Kenapa? Karena hidup itu ada ups and downs-nya. Jujur saya gak demen tuh ketika sebuah keluarga kena musibah, terus ada yang ngeluarin kalimat, "istrinya cuma ibu rumah tangga ya, gimana itu nanti anaknya?". Emang sih yang namanya rejeki dan cobaan itu munculnya gak diduga. Tapi kan masalah gak akan selesai dan rejeki gak akan nongol kalo gak diusahakan. Makanya kalopun saya jadi ibu rumah tangga, saya gak mau cuma ngandelin suami aja yang nyari uang. Entah itu apapun yang akan saya lakukan, saya sih maunya punya uang sendiri.

Poin nomor 4, karena saya gak bisa jualan, gak bisa ngajar, dan bisanya cuma administrative things yang related to kerja kantoran. Untuk hal ini saya salut banget dan mesti belajar banyak sama sahabat saya mila. Ibu rumah tangga 1 anak tanpa ART yang punya bisnis olshop dan segudang kesibukan.

Bagi saya sendiri, perempuan yang lebih milih jadi stay at home mom dan masih mengandalkan income dari suami doang sah-sah aja sih sebenernya asal jangan misuh-misuh aja gaji suaminya kurang, terus jadi curhat ke mana-mana suamiku begini suamiku begitu. Better kayak si Mila usaha nambah pundi-pundi keluarga.

Terus ya kalo ada yang komen-komen soal pilihan kita apakah jadi ibu rumah tangga atau ibu pekerja, better jadi budeg dulu sementara. Sebagaimana nasihat orang bijak, "we cannot satisfy everyone" jadi pasti ada ajalah yang suka komen-komenin kita. Yaaa.. sejatinya kan mulut diciptain salah satunya buat komen *opinitulul* padahal yang jalanin hidup kita-kita juga.

Coba itu yang bilang ibu rumah tangga tega ngebebanin semua biaya rumah tangga ke suami, sarjana tapi gak dimanfaatin, emang mau bantu ngurus anaknya si ibu?
Sama yang komen ibu pekerja tega ninggalin anak, emang mau bantu ngeringanin biaya bulanan si ibu?
Pret lah!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.