Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 15 April 2012

Pilah-Pilih Vendor

Ternyata dalam pemilihan vendor itu harus bener-bener sesuai dengan kemauan kita, bukan kemauan orang lain. Dan ada baiknya kalo kita yang "ngerasain" langsung gimana kinerja si vendor itu. Rekomendasi dan pendapat orang lain itu penting. Tapi lebih penting lagi apakah kita sendiri nyaman sama vendor bersangkutan apa engga.

Contoh kasusnya gini, kebetulan ini juga kisah nyata. Ada seorang teman, sebut saja Rose temannya Mawar, lagi nyari vendor catering buat pernikahannya. Si Rose ini punya 2 rekomendasi vendor catering. Vendor A punya kelebihan di penawaran harga yang relatif murah untuk paket pernikahan lengkap. Sedangkan si vendor B udah terkenal karena cita rasa menunya yang katanya enyaaaaakkkk!

Akhirnya si Rose testfood bareng ibu dan sodaranya ke masing-masing vendor. Kali pertama testfood di vendor A, terasa makanannya hambar. Cuma si vendor A ini berkilah kalo itu sesuai permintaan konsumennya hari itu dan nawarin untuk dateng ke testfood kedua. Di kali kedua, Rose baru merasa sesuai banget sama rasa cateringnya. Dari setelah ngobrol-ngobrol sama marketing vendor A, Rose dapet harga penawaran yang bagus banget. Rp 80-an juta udah dapet paket lengkap pernikahan untuk 500 undangan. Catering, dekor pelaminan, rias, dokumentasi, dan lain-lain. Bahkan si Rose minta special request yang aneh-aneh buat dekorasinya pun ga dikenain charges lagi sama si vendor. Pokoknya Rp 80-an juta udah komplit plit, mungkin minus sama baju akad, baju ibu, sama baju among tamu.

Di vendor yang kedua, vendor B, Rose 3x testfood. Kali pertama Rose testfood bareng ibu dan paman calonnya. Dari kali pertama paman calonnya itu merasa klop banget sama rasa makanan yang disajiin si vendor B. Nah si paman ini keukeuh buat make vendor B. Tapi Rose sama ibunya ragu-ragu karena harganya di atas Rp 100-an juta buat paket pernikahan lengkap yang standar untuk 500 undangan. Kalo mau yang ga standar ada harga tambahannya lagi untuk setiap item yang diminta. Intinya si Rose merasa kemahalan sama si vendor B ini. Tapi karena si paman calonnya itu ngotot buat make vendor B, akhirnya Rose deal pake vendor ini. Katanya sih biar ga terjadi perpecahan antarkeluarga, apalagi hari-H weddingnya udah semakin dekat. Makanya buat ngeyakinin dirinya, Rose sampe 2x testfood lagi. Di kali ketiga dia testfood, kebetulan saya dan pacar ikutan karena pengen liat menu-menunya vendor B yang katanya enyak, sekalian makan enak gratis dooonggs (penjahat mode: on). Ternyata emang enak-enak. Kata Andrian juga. Pokoknya pas lah di lidah saya dan pacar. Tapiiiii, entah kenapa temen saya si Rose tuh ngerasa ga sreg makanannya. Ada yang dibilang keasinan lah, rasanya biasa aja, atau daging iga yang dia bilang alot. Padahal menurut saya sama Andrian, makanannya tuh perfect banget. Minumannya apalagi! Andrian yang ga suka leci, malah jadi suka sama es leci buatan si vendor B. Saya sempet mikir, mungkin ini cuma masalah selera. Lidah setiap orang beragam. Mungkin bagi Rose, menu-menu vendor B ini kurang rasa buatnya. Setelah testfood, si Rose ini cerita dari segi dekorasi pun dia ngerasa si vendor B ini banyak kekurangannya, ga bagus, dan kalo mau ini-itu jatuhnya jadi mahal banget. Pokoknya macem-macem lah sampe saya menyimpulkan kalo si Rose ini ga sreg sama si vendor B. Mulailah si Rose ngebanding-bandingin sama vendor A terdahulu.

Pengen banget saya komenin Rose, "Kalo lu emang ngerasa sregnya sama vendor A, ya kenapa ga pake dia aja? Daripada lu nurutin kemauan paman lu make vendor B tapi lu ga puas sama wedding lu.". Tapi ga jadi karena Rose udah terlanjur deal sama vendor B, udah DP pula dengan nominal yang ga sedikit. Kalo dari petuah teman-teman saya yang lain, emang yang namanya orang mau nikah itu banyak cobaannya. Hal-hal kecil bisa jadi masalah besar, ya contohnya perintilan-perintilan buat nikah pun bisa jadi percekcokan keluarga. Makanya Rose nyari aman dengan nurutin katanya si paman, walaupun dalam hati dia ga sepaham sama si pamannya itu.

Hmm.. pelajaran buat saya. Kalo nikah nanti saya mau ngurusin semuanya sendiri berdua Andrian. Buat urusan catering sama dekorasi yang berurusan selera, saya percayakan sama ibu saya aja. Hampir 25 tahun jadi anak, tentunya ibu saya tahu dong apa yang bagus buat saya. Bukannya saya ga mau mengikutsertakan keluarga di pernikahan saya nanti. Tapi buat mencegah kericuhan-kericuhan kecil soal perintilan di mana setiap suara dalam keluarga itu beda-beda, saya cuma mau percayain 1 orang aja: Ibu Saya.

Tentunya saya ga mau pake vendor yang dari awal saya merasa ga sreg. Karena mau si vendor itu bagus kayak apa, kalo udah dari awal negatif, seterusnya ga bakalan keliatan bagus di mata kita.

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.