Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 01 Desember 2012

Permintaan Mahar

Baca post si Abang yang terakhir, jujur saya jadi terenyuh. Haaaa.. Ternyata apa yang saya minta buat mahar alhamdulillah gak memberatkan si Abang sama sekali.

Jadi kan si Abang bukan berasal dari keluarga yang mampu. Bahkan sebagai anak pertama beliau menjadi tulang punggung keluarga. Nah waktu si Abang ngajak buat melangkah ke hubungan yang serius, saya sempet agak mikir nih orang kira-kira bisa gak ya bantuin biaya pernikahannya? Terus maharnya gimana? Kalo orang tua saya punya standar mahar terus si Abang gak bisa menuhin gimana? Terus abis nikah dia bisa gak ngehidupin saya apalagi kalo udah punya baby? Dan segala macem pertanyaan lain.

Tapi Alhamdulillah ga terhingga ternyata orang tua saya mendukung dan menyerahkan urusan per-mahar-an ke saya dari mulai berapa besarnya dan bentuknya seperti apa (asal saya gak minta macem-macem aja). Jadilah saya minta mahar ke Abang uang sebesar ga sampe Rp 300ribu! Jadi saya sesuaikan sama tanggal nikahannya nanti. Si Abang yang denger permintaan mahar saya sampai terbengong-bengong. Karena emang saya niat nikah bener-bener murni karena ibadah kepada Allah dan karena rasa sayang sama si Abang, jadilah saya gak mau mahar yang berat-berat. Akhirnya dengan inisiatif si Abang, dia bilang mau nambahin maharnya berupa cincin emas. Itupun saya minta yang beratnya ringan-ringan aja ga sampe 3 gr. Yaudah, setelah disepakati kami berdua cincin emas itu bakalan saya pake sebagai cincin kawin nantinya biar si Abang ga perlu keluar biaya lagi. Sebagai gantinya karena saya minta mahar dengan jumlah yang ringan, saya kasih tantangan ke si Abang yaitu:

1. Saya mau mahar saya dihias oleh tangan si Abang sendiri, ga pake vendor, pokoke pake kreativitas si Abang sendiri. Karena menurut saya, justru dengan begitu nunjukkin kalo si Abang bersedia memberikan yang terbaik buat calon istrinya dengan usahanya sendiri.

2. Saya mau hiasan maharnya mengandung unsur crayon. Karena si Abang yang hobi banget gambar-gambar pake crayon. Dia pernah bikinin saya kado ulang tahun ke-21 handmade dengan hiasan gambar pake crayon. Berarti dia harusnya bisa bikinin juga dong buat mahar saya.

3. Saya mau kalo uang maharnya terdiri dari pecahan Rp 1.000,- s/d Rp 100.000,-. Pokoke semua pecahan uang yang saat ini lagi beredar ada lengkap! (kecuali untuk pecahan 12 perak mesti pake uang kuno pastinya). Selain itu, harus ada koin emas Rp 500,-.

Emang sih kesannya saya banyak banget permintaan. Tapi ternyata si Abang malah merasa tertantang tuh. Dia malah dengan semangat '45 udah mulai nyari-nyari bahan. Emang kalo masalah tantangan kreativitas si Abang birahinya langsung nyala. Hehehehehehe

Saya juga sadar biaya resepsi pernikahan kami nantinya juga ga sedikit. Jadilah rencana awal kami yang tadinya mau ngadain 2x pesta, jadi cukup sekali pesta aja buat meringkas biaya. Awalnya saya juga ga nuntut macem-macem berapapun yang Abang kasih ke saya sok ajalah, udah sukur alhamdulillah dia mau bantuin biaya resepsi. Eh taunya si Abang ini tipe orang yang banyak maunya juga. Dia mau di resepsi kami ada sesuatu yang unik. Udah gitu bakal tamunya banyaaakk banget. Jadilah saya menetapkan standar setiap bulan berapa yang mesti si Abang setor tiap bulannya. Tapi saya ga asal "minta duit" gitu aja. Sebelumnya saya bikin dulu catatan keuangan berisi rincian gaji abang setiap bulan dikurangi sama kebutuhan doi sehari-hari sama setoran bulanan buat keluarganya. Tentunya catatan keuangan si Abang ini saya bikin bareng-bareng sama si Abang. Dari situ ketauan kira-kira jumlah minimum setoran si Abang per bulannya berapa. Itupun si Abang juga masih bisa nabung buat adek-adeknya sekolah. Hal serupa juga saya tetapin ke diri saya tentunya. Masa' si Abang susah payah nabung dan irit, tapi sayanya malah hura-hura hamburin duit.

Alhamdulillah juga ternyata orang tua saya juga mau bantuin. Mereka ternyata udah punya tabungan untuk persiapan anak-anaknya nikah! Yaaah, di setiap tantangan dan masalah yang merintangi rencana pernikahan kami berdua, ada aja cara Allah untuk meringankan langkah kami. Entah itu saya yang dapet bonus dari kantor, si Abang naik gaji, atau orang tua yang tiba-tiba dapet rejeki buat nabungin anaknya nikah. Bersyukur ga henti-hentinya nih :)

3 komentar:

  1. penasaran sm hasil kreativitasnya.. :) fotonya di share dong Santika...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Hana, kalo mau liat hasil kreativitas si suami bisa dicek di link:
      http://pangeranbelendung.blogspot.com/2013/05/30-ulasan-mantenan-pangeran-ulasan-19.html
      untuk cincin kawinnya dan,
      http://pangeranbelendung.blogspot.com/2013/05/30-ulasan-mantenan-pangeran-ulasan-21.html
      untuk maharnya.

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.