Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 02 Oktober 2011

"Semua Cowok Itu Brengsek"???

Di dunia ini cuma ada 2 jenis cowok:
1. Cowok brengsek
2. Cowok hombreng

Tapi sayangnya, karena jumlah cowok yang semakin menipis, dan si cowok-cowok hombreng jaman sekarang -masalahnya- udah pada berani "ngerampas" cowok-cowok yang sebenernya non-hombreng. Jadi sama aja kalo cowok hombreng itu masuk kategori brengsek.

Untuk pembelaan diri, opini "semua cowok itu brengsek" pertama kali saya denger dari seorang teman saya yang udah banyak makan asam garam sama cowok waktu jaman saya SMP dulu. Dari situ terbentuk dalam pemikiran saya bahwa saya harus berhati-hati yang namanya makhluk berinisial cowok. Oke, itu emang opini temen yang saya telen bulet-bulet, dan opini itu ngongkong di otak saya sampai saat ini saya menulis blog ini. Jadi ga heran selama 21 tahun lebih saya hidup menjomblo. Semua laki-laki hanya saya anggap teman atau yang paling dekat adalah sahabat, seperti Dhoni & Erwin. Ga lebih.

Kenapa bisa 21 tahun lebih saya menjomblo? Apakah mungkin karena saya yang terlalu menutup diri, terlalu milih, atau emang ga laku? Kampret, kata saya, bukan begituuuu.. Saya dulu amat sangat takut pacaran. Lebih diutamakan karena opini seorang teman yang saya percaya bahwa "semua cowok itu brengsek". Takut karena suatu hari ketika saya udah terlanjur sayang, si cowok malah lari, dan akhirnya hanya saya yang tertinggal sambil nangis tersedu-sedu. Sakit hati! Ogaaaaahhhh!!! Saya juga takut sama ibu saya yang ngelarang saya pacaran sebelum kuliah. Tapi pas udah kuliah beneran, selama 3,5 tahun di kuliah juga ga dapet pacar tuh. Padahal ibu yang tadinya ngelarang malah balik nanya "kamu sekarang pacarnya siapa? ibu udah ngebolehin banget loh kamu pacaran.. kamu ga ada perasaan sama temen kamu itu? bapak-ibu udah ngerestuin kamu sama dia." Engga ibuuuuu, dia itu cuma temaaaaannn. No feeling at all!! Emang karena saya ogah pacaran, saya masih takut, takut, takut!

Kenapa takut? Karena opini teman SMP saya "semua cowok itu brengsek" benar adanya. Saya ngebuktiin sendiri dengan pengalaman temen-temen cewek saya. Saya ngeliat dengan mata kepala saya sendiri. Udah banyak yang cerita, curhat, share tentang bagaimana mereka disakitin sama seorang cowok. Dan itu macem-macem bentuknya. Ada yang diduain, ditinggalin, disakitin secara fisik, dihina, dimanfaatin, dan lain-lain. Dan banyak yang ga cuma sekali ngerasain dibrengsekin. Makanya saya hati-hati banget. Pokoknya dalem otak saya udah terbentuk pikiran "Gue ga mau dibrengsekin sama cowok. Gue ga mau kalah sama cowok. Gue bukan cewek lemah. Kalo ada cowok berani-berani ngebrengsekin gue, gue akan membuat cowok itu menyesal luar-dalam!"

Saya pun ga memungkiri bahwa sebagai kaum Hawa, saya pun pernah -beratus-ratus kali- naksir sama cowok. Dan bagi saya sangat menyenangkan jika naksir orang tanpa diketahui. Hanya hati saya dan Tuhan yang tahu. Bagi saya naksir cowok hanya sekedar untuk penyemangat. Ada motivasi waktu ngejalanin kegiatan. Apalagi kalo mau nunjukkin ke cowok yang ditaksir bahwa saya bukan cewek yang ga bisa apa-apa. Uuu, bisa semangat '45! Contohnya waktu lagi LIA. Gara-gara ada cowok yang ditaksir, saya ga pernah bolos les dan berusaha sebisa mungkin ber-conversation secara baik dan benar, tanpa terlihat sok jago. Atau waktu lagi sekolah, sebisa mungkin jadi seseorang yang aktif dan dipandang di kelas. Btw, beda tempat beda gebetan. Jadi di sekolah punya gebetan, di tempat les Inggris ada, di les musik ada, di ekskul juga ada. Jadi masing-masing tempat punya gebetan, so ngejalanin kegiatannya jadi termotivasi dan semangat. Bagi saya punya gebetan bukan berarti bernapsu pengen jadiin cowok itu milik saya. Emang rasanya ada perasaan "yaaaahh, gimanaaaa gitu" pas tau ternyata si gebetan punya pacar. Tapi "yaaaahh, gimanaaaa gitu"-nya mah sebentar aja, tetep aja gebetan adalah gebetan. Obat pencuci mata. Pemberi energi positif. Jadi saya ga bakalan kenapa-kenapa tuh pas tau si doi punya monyet. Yang penting saya hepi. Ngeliatin aja udah puas.

Beda cerita pas saya tau dari seorang teman bahwa ternyata ada yang naksir sama saya. Weits, gini-gini mukaku juga ga jelek-jelek amat. Dan kalopun ternyata jelek, bukan berarti ga ada yang suka sama sekali dongs. Tapi waktu tau ada yang suka, wuaduh, saya malah jadi ketar-ketir. Seneng sih. Ge'er banget malah. Tapi perasaan jadi ga enak. Apalagi pas tau yang naksir itu temen sendiri. Walah! Kok bisa-bisanya? Entar kalo saya jadi naksir balik gimana? Terus orangnya ilfeel. Terus saya ditinggal ngejogrok nangis sakit hati. Brengsek! Ga mauuuuuu!!! Takut, takut banget. Pokoknya saya jangan sampe termasuk kaum cewek yang udah pernah dibrengsekin cowok, lebih tepatnya sakit hati karena masalah cowok. Akibatnya, saya menghindar. Setiap ada yang naksir saya menghindar. Pokoknya kalo deket-deket dengan tujuan lebih dari teman, aku ndak mau!

Terus kenapa status saya sekarang "in relationship"? Padahal kan saya takut pacaran, takut dibrengsekin cowok. Yah, anggap aja saya lagi sial. Di tahun terakhir kuliah, seorang teman yang awalnya ngajakin "in relationship" di fb cuma untuk iseng sensasi, ternyata emang udah ngincer saya dari lama. Syomfret! saya kena tipu. Yaudah tuh ya saya ga peduli. Kan ini cuma iseng. Saya bisa ngubah status "in relationship" di fb kapan aja saya mau. Toh dia juga ga men-treat saya layaknya pacar pada umumnya waktu itu. Tapi tiba-tiba dia berubah. Ngungkapin kalo dia serius, minta maaf kalo seandainya dia pernah nyakitin saya, dsb. Padahal saya udah pengen banget ganti status single lagi. Soalnya lama-lama saya ga nyaman sama status in relationship ini. Tapi hal itu saya tahan. Saya liat dia serius. Saya ga mau jadi "cewek yang ogah dibrengsekin sama cowok" terus berubah jadi "cewek yang ngebrengsekin cowok". Saya ga mau sama kayak cowok-cowok brengsek yang selama ini saya kutuk. Jadi saya diem aja. Sambil nyusun strategi mempelajari cowok gila ini apakah sama brengseknya dengan cowok-cowok yang pernah brengsekin temen-temen saya? Apakah cowok ini bakalan membuat saya sakit hati? Apa yang harus saya lakukan biar ga dibrengsekin?

Saya pun belajar tentang cowok. Belajar menghadapi cowok, apa perbedaan cowok dengan cewek? Ternyata kuncinya terletak pada otak. Otak cowok dipenuhi oleh akal pikiran yang cerdik, cara berpikir cowok realistis, mereka lebih menggunakan logika daripada perasaan. Lain sama cewek yang perasaannya halus dan lebih sensitif, penuh kelembutan dan kehangatan, kaum yang memadukan logika dan perasaan. Di sini saya melihat suatu celah bahwa ngadepin cowok itu jangan pernah berharap supaya mereka mikirin perasaan kita. Tapi buatlah si cowok itu mikir. Misalkan, ada cewek yang dibrengsekin sama cowok. Percuma jerit-jerit, "Kamu ngerti ga sih perasaanku?! Kamu ga tau gimana sedihnya aku! Kamu kejam!" Sumfah, ga bakal dipeduliin! Mending bikin mereka mikir dengan, "Menurut kamu kalo ibu kamu diginiin sama bapak kamu gimana?" atau "Kamu bisa terima ga kalo adek kamu diginiin sama cowoknya?".

Terus saya juga akhirnya belajar untuk realistis bahwa mungkin aja temen-temen saya yang udah kena dibrengsekin sama cowok itu karena mereka membiarkan diri mereka digituin. Mereka membiarkan diri mereka untuk sayang terlalu dalam sama cowoknya. Padahal kalo kata ibu saya, "Jangan pernah kasih cinta kamu 100% ke cowok yang belom sah jadi suami kamu". Itupun kalo udah jadi suami, cewek juga mesti ati-ati supaya ga gampang dibrengsekin sama suaminya, dan bukan berarti jadi suami itu bisa berkuasa penuh atas istri. Justru, suami itu bertanggung jawab penuh atas istri. BERKUASA dan BERTANGGUNG JAWAB itu adalah 2 hal yang beda. Mohon dicatet.
Dan dengan pemahaman tersebut, seharusnya ga ada lagi cewek yang bersusah-susah hati karena cowok-cowok brengsek. Ngasih perasaan ke orang yang salah. Ada banyak hal lain yang lebih penting untuk dipikirin daripada sekedar urusan cowok.


Dari kecil saya dididik bahwa jadi cewek itu harus pinter. Cewek harus ber-skill. Cewek itu harus mandiri. Cewek itu kuat.
Ga ada seorang pun cowok yang bisa ngebrengsekin saya, ngerendahin saya, atau seenaknya sama saya. Ga boleh sampe kejadian!

Emang sih terkadang dengan pemikiran saya seperti ini membuat saya jadi cewek sok. Sok dalem segala hal. Sok kuat. Sok iye. Kasian yang jadi cowok saya. Abis dianya udah baik banget ngasih air susu, tapi saya seringnya ngasih air tuba. Air liur dari mouthpiece tuba. Iiiihh.. Ga berperasaan. Jahat. Egois. Walaupun doi slalu bilang, "Ga semua cowok kok brengsek, kamu jangan men-generalisir." Tapi detik itu juga saya balikin, "Mungkin sekarang kamu ga brengsek, tapi ga tau nanti." atau dengan jawaban "Kamu pernah ngaku sekali ngebrengsekin cewek, bukan ga mungkin kamu bisa gituin aku juga." dengan nada ketus, sikap dingin, dan muka yang sepet abis.
Mungkin boleh-boleh saja saya tetap berpendapat "semua cowok itu brengsek" dan saya menjadi amat sangat berhati-hati sama cowok. Tapi saya juga harus belajar untuk ga jadi cewek sok.

4 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  2. Setuju. Semua cowo itu brengsek. Walaupun awalnya keliatan baik,tunggu aja saat2 dia balik jadi brengsek wkwkwk

    BalasHapus
  3. Iya, cowok mah semuanya emang brengsek.
    Yang baik² pun bisa brengsek kalo ada kesempatan. Hahahaha.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.