Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 16 Januari 2012

Juragan Jengkol

Oke, hari ini (lagi-lagi) ga masuk kerja karena sakit. Di tengah bed rest seharian, ada baiknya kita ngeblog.

Tema kita kali ini adalah: JENGKOL!!

Pacar saya orang Betawi asli penyuka jengkol. Layaknya Ipin sama ayam goreng, adek saya sama indomie, dan saya sama pizza, Andrian demen banget-bangetan sama jengkol.
Makanan berukuran ga seberapa tapi beraroma dahsyat.

Ini yang namanya Jengkol, jeng!

Andrian pernah cerita kalo di rumahnya udah hal yang biasa makan jengkol. Bahkan adeknya yang paling kecil umur 3 tahun aja udah biasa banget ngegadoin jengkol. Buset! Kebalikan banget sama saya. Jujur aja kemaren hari Sabtu waktu saya berkunjung ke kerajaan Belendung dan tau ibu Andrian masak jengkol, untuk pertama kalinya dalam hidup saya ngeliat "benda" yang disebut jengkol. Ternyata gitu toh bentuknya. Bulet kayak gundu tapi agak lonjong. Dalam radius berapa meter udah kecium banget baunya.
Selama di Depok Andrian ga pernah makan jengkol. Karena jengkol bukan makanan pokok masyarakat Depok. Apalagi kalo main ke kerajaan Rasamala, di keluarga inti saya anak-beranak ga ada yang suka makan jengkol. Bagi kami, jengkol adalah makhluk asing.

Kata ibu saya, buat orang yang ga biasa makan jengkol dan nyoba-nyoba makan jengkol, bisa terkena asam jengkolat atau jengkolan. Yaitu penyumbatan pada saluran air seni. Untuk lengkapnya bisa baca di http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_jengkol atau http://www.halalguide.info/2009/06/30/jengkol-yang-berbahaya/. Males copas jadi mending kasih linknya. Tapi kalo saya baca artikel itu bukan ga mungkin kalo jengkolan juga bisa 'mengincar' orang-orang yang emang udah terbiasa makan jengkol.

Kedahsyatan bau jengkol bisa kita buktikan dengan ngobrol langsung dengan orang yang habis makan jengkol. Terbukti setelah makan jengkol, saya mencium ada yang aneh dengan Andrian. Walaupun dia udah sikat gigi tetep aja bau aneh itu masih ada. Besok hari Minggunya ketemuan lagi, taunya bau aneh itu ga juga lenyap. Padahal saya tau banget sebelum ketemu saya Andrian mandi, sikat gigi, dan keramas. Bau sabun sama shamponya masih ada. Tapi bau odol terkalahkan sama bau jengkol. Ga cuma itu. Pipisnya pun bau jengkol!
Coba kita lihat nanti, katanya dia mau nyamperin saya. Masih bau jengkol apa engga.

Saya jadi punya ide untuk menciptakan senjata pemusnah massal baru. Khusus diciptakan untuk wanita-wanita yang terpaksa pulang malam. Daripada diganggu, bahkan disekap dalem angkot dan dianiaya, mending kita hadapi para penjahat itu dengan senjata rahasia: JENGKOL!! Bisa digunakan untuk menimpuk, atau kita cocol sambel dan kita colok ke mata penjahat, atau kita 'sodok' mulut si penjahat dengan jengkol segenggam. Cara yang paling mudah adalah dengan memakan jengkol-jengkol tersebut dan tarik napas buang napas kuat-kuat "HUH HAH!!" di depan idung si penjahat. Kalo mau cara yang paling repot bisa dengan merebus jengkol terlebih dahulu, atau kalo mau dijus juga boleh, lalu sari-sari atau air rebusan jengkol tersebut dimasukkan ke dalam pistol air. Senjata rahasia jengkol, siap dipakai!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.