Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 23 Januari 2012

Saya Anak Mellophone

Setelah menjalani beberapa latihan MBUI untuk anak-anak baru di semester sebelumnya (2005) yang saya jalanin dengan angot-angotan, saya berniat hendak kabur dari sana. Latihannya kayaknya berat, sampe malem, dan jujur aja saya bukan tipe orang yang mau terikat di satu tempat. Tapi tiba-tiba aja di suatu pertengahan Januari 2006, saya disms oleh salah seorang anak MBUI. "Hai Santika, besok Sabtu dan Minggu dateng ya ke latihan MBUI jam 10 pagi di pusgiwa. Pake kaos putih, celana jins biru, topi, dan sepatu keds. Ditunggu ya." Saya ga inget persis kata-katanya tapi kurang lebih seperti itu. Waktu itu saya takut banget. Gile! Kok mereka inget aja sih gue pernah daftar dan sempet latihan di MBUI walaupun angot-angotan?? Kok mereka masih aja sih nyimpen nomer gue?? Terus kalo gue ga dateng gue bakal diapain ya?? Apakah mereka akan nyamperin gue ke fisip, terus gue dibentak-bentak, dituduh ga konsisten segala macem?? Sumpah gue takut banget! Ternyata Dhoni dan Erwin Fajrin dapet sms serupa. Akhirnya kami bertiga (lagi-lagi) dateng ke MBUI.

Sebelum dateng ke sana, saya ketemu sama Aldo Efriandika (anak highbrass juga) di FISIP. Dia nanyain selama ini saya kemana. Kok pas GPMB ga keliatan dan ga pernah nongol-nongol lagi. Terus dia ngasih tau saya tentang aturan-aturan yang ada di MBUI yang katanya kalo ga dateng latihan dapet hukuman push up. 5 seri buat yang ga masuk karena sakit, 8 seri buat yang izin. Terus latihan seminggu 4 kali. Selasa dan Kamis jam 4 sore sampe 8 malem, Sabtu-Minggu jam 10 pagi sampe 6 sore. Gile!! Saya langsung keringet dingin dan ga mau nunjukkin muka lagi di MBUI. Tapi saya takut sama orang MBUI yang udah sms saya nyuruh dateng. Buat saya waktu itu, kalo dia tau nomer hp saya, bukan ga mungkin dia tau identitas saya yang lain. Kalo pulang kuliah saya dicegat di jalan dan diseret ke pusgiwa, selain malu juga bakal nyakitin diri saya sendiri. Jadi saya, Dhoni, dan Erwin mutusin buat coba dateng dulu sehari. Karena informasi Aldo Efriandika tentang jadwal latihan dan sistem aturan MBUI itu juga cuma "katanya".

Ketika saya dateng ke sana, kami ternyata dites alat lagi. Lebih tepatnya, dicoba tiup mouthpiece berukuran kecil yang bentuknya ada 2 jenis. Yang 1 ujungnya lebih lancip dan lebih 'tajem' di bibir. Dari sekumpulan anak highbrass yang hadir saat itu, saya dipisahin sendiri berdua sama seorang cewek begenk bertampang lugu anak FKM. Namanya Intan. Kami berdua dikasih alat yang berbeda dengan anak-anak highbrass lain yang dapet trumpet. Alat ini ukurannya lebih besar tapi mouthpiece-nya lebih lancip. Kami diberi tahu kalo alat itu namanya Mellophone. Kami digiring ke seorang senior cowok item gempal berkacamata. Dia memperkenalkan dirinya sebagai Erwin Pribadi. Saya sebel karena kepisah dari Dhoni yang dapet trumpet, dan Erwin Fajrin yang dapet baritone. Ini lagi si Dhoni. Udah cowok, badan gede, alatnya paling kecil.

Waktu itu sama Erwin Pribadi, saya dan Intan diajarin fingering yang ternyata beda dengan anak brass lainnya. Fingering-nya lebih mudah, tapi niupnya lebih susah. Di saat anak-anak brass lain udah pada bisa niup do-re-mi-fa-sol, saya dan Intan masih nyesuaiin bibir dan nyari-nyari nada do. Bukan do tinggi, do titik 1, atau do titik 2, tapi do biasa ga ada titik. Si Erwin Pribadi yang udah bosen ngajarin saya dan Intan yang ga bisa-bisa niup 'do', akhirnya nontonin anak-anak guard latian.
Lalu setelah beberapa lama, kami semua anak brass disuruh membuat lingkaran besar dan coba niup do sampe sol 1 beat. Booooo... Itu niup do sampe sol udah niup do aja sulit amir, pake acara horns up. Si Dhoni cekikikan yang ngeliat saya bersusah payah naklukin alat saya itu. Sumpah! Buat saya waktu itu, ngangkat alat mellophone dengan range waktu niup do sampe sol 1 beat itu lamaaaaaa banget. Ga kuaaaaattttt, pokoknya gue ga kuaaaaaattttt!!! Dan sayangnya ga cuma 1 beat yang kami semua jabanin, tapi 4 beat!


Pulang latihan hari itu tangan saya pegel-pegel menuju kram dengan membawa satu kemenangan: SAYA BERHASIL MENAKLUKKAN NOT DO!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.