Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 23 Januari 2012

Saya Anak MBUI

Nonton MBIC kemaren dengan konsep simfoni perjalanan MBUI dari tahun ke tahun mengingatkan saya bagaimana saya di MBUI selama 5 tahun. Pertama masuk MBUI di tahun 2005 bareng sobat-sobat saya (Erwin Fajrin dan Dhoni), waktu itu dites alat satu-satu berasa banget o'on-nya. Pokoknya yang saya inget yang ngetes alat guard waktu itu gondok banget deh sama ketololan-ketololan gerakan yang saya ciptakan. Perkusi juga waktu itu cuma dites mukul-mukul doang. Giliran brass cuma maen tiup-tiup nyembur di suatu alat aneh yang kemudian saya tahu itu adalah mouthpiece dari berbagai ukuran. Beberapa hari setelahnya diumumkan hasil tes alat. Saya dan Dhoni dapet highbrass, sedangkan Erwin Fajrin di lowbrass. Saat itu ga ada istilah cadets. Dulu, latihan anak-anak baru hanya saat weekend dari jam 10 dan entah sampe jam berapa karena saya selalu pulang duluan dengan alasan ini-itu. Datengnya pun sesuka jiwa dan jarang on time jam 10. Jujur aja waktu itu kami bertiga cuma semangat pas berangkat dan jalan pulang aja, karena pada saat itu kita bertiga bisa kumpul bareng, haha-hihi, dan terkadang dilanjutin jalan ke mana. Kalo yang 1 telat, semua telat. Kalo yang 1 ada keperluan pulang duluan, yang lain pulang juga.

Waktu itu semua anak highbrass semuanya pake trumpet dan semua lowbrass pake baritone. Itupun make alatnya ganti-gantian. Kenapa? Karena alat-alat yang lain lagi dipake sama pasukan. Anak-anak perkusi pun cuma latihan mukul-mukul meja. Kalo anak guard ga tau deh, ga merhatiin.

Anak-anak baru saat itu cuma dikasih latihan dasar PBB, megang alat, fingering, dan nyoba-nyoba tiup asal. Waktu itu saya ngerasa lucu banget sama rollstep mundurnya yang kayak Michael Jackson. Oke, yang bener sih ga kayak jalan mundur Michael Jackson. Tapi saya ngelakuin hal itu waktu itu.
Ga ada yang namanya apel dan belom dikasih tau sistem & peraturan MBUI tuh gimana. Waktu menjelang GPMB dan para pengurus sibuk koordinir anak-anak baru dan para alumni untuk jadi helper, saya beserta dua kawan saya (Erwin Fajrin dan Dhoni) malah sibuk nyari sejuta alesan buat ga jadi helper. Males banget bo, pake acara nginep segala. Ribet & kami mikirnya enakan kita jalan-jalan ke Dufan. Males ngangkat alat-alat berat. Ribet mesti belajar set alat dan bikin lapangan.
Hina? Iya, kalo diinget-inget kelakukan saya najis banget waktu itu.

Pas denger akhirnya MBUI jadi juara 1 GPMB waktu itu tanggepan saya cuma, "oh, terus...??". Kayaknya ga ngaruh sama kehidupan saya. Tapi memang itulah pikiran mahasiswa semester 1 yang ga pernah ngicipin GPMB, yang ga tau apa-apa soal MB secuilpun, dan ikutan UKM tersebut cuma karena terpikat sesaat pas penampilan OKK di balairung.

Dua kata buat saya di MBUI tahun 2005: GA NIAT!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.