Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 10 Juni 2012

Ngomong-Ngomong Soal Penghasilan

Ngomong-ngomong soal gaji, di post sebelumnya saya sempet bilang kalo di tempat pertama saya kerja dan masih berstatus magang, saya cuma dibayar Rp 300 ribu/bulan. It's real!

Kalo ngeliat titel saya sebagai lulusan S1 Komunikasi universitas punya nama di Indonesia, pasti banyak yang nyangkain segitu tololnya-kah saya? Jadi begini ceritanya, karena masa-masa kuliah saya abis di kegiatan Marching Band, alhasil saya ga sempet deh tuh magang-magang kayak temen-temen kuliah saya lainnya. Emang sebenernya salah saya juga sih. MB juga ga ngelarang kok anggotanya buat magang/punya kegiatan lagi di luar kuliah dan latihan. Tapi sayanya aja yang ga bisa me-manage waktu dengan baik. Buktinya laki saya bisa-bisa aja tuh kuliah, MB, dan kerja freelance.
Karena itulah, setelah kuliah dan selepas MB barulah saya magang dengan harapan bisa nambah-nambah pengalaman di CV.

Cari kerja ga sama buat tiap orang. Ada yang bisa dengan mudah banyak pekerjaan dateng ke seseorang dalam waktu singkat kayak si Abang. Tapi buat saya butuh waktu 3 bulan dulu sebelum dapet tempat kerja. Itupun dengan status magang. Awalnya pun dengan kesadaran penuh ga punya pengalaman kerja apa-apa, saya mau aja kerja dengan berapapun gaji yang ditawarkan, kecil gapapa deh buat permulaan. Makanya waktu itu saya terima aja tawaran kerja di sebuah lembaga pendidikan dengan status magang. Seinget saya ya, waktu interview sama supervisor Mak Lampir itu saya dibilangin bayarannya Rp 300 ribu/minggu, yang kalo ditotal berarti bisa dapet Rp 1,2 jt/bulan. Tapi kok abis itu denger selentingan bayarannya Rp 300 ribu/bulan, bukan per minggu!! Aje gileeee.. Kalo beneran itu mah udah sinting gila miring namanya. Rugi di ongkos dong sayah!!

Akhirnya sama seorang temen dari unit lain yang ngerekomendasiin saya kerja di sana, dikonfirmasilah itu si Mak Lampir berapa bayaran saya. Ternyata bener Rp 1,2 jt/bulan. Fiuuuuh, alhamdulillah deh kalo gitu.
Eh tapi kok ya pas waktunya gajian kagak bertambah tuh duit di tabungan. Perasaan waktu ngasih nomer rekening bener deh angka-angkanya. Taunya kata temen-temen dari unit lain, emang gaji anak-anak magang suka seenak jiwa ditransfernya. Bisa 1-2 bulan kemudian. Ya Masya Allah!! Ajib bener-bener ajib nih kantor!

Yaudahlah untung aja orang tua masih mampu ngebiayain dan masih ada sisa tabungan buat ongkos pulang-pergi. Gara-gara hal ini saya belajar irit-irit ga jajan dan bawa makan dari rumah aja. Belajar manajemen penggunaan duit dengan baik dan benar.

1 bulan-an kemudian, gaji udah keluarrrr! Eh kok ya yang masuk cuma dikit? Yaoloh, itu ternyata bener gaji cuma Rp 300 ribu/bulan, dan masalahnya itu yang dibayarin cuma gaji 1 bulan!! Idiiiih, kirain langsung dirapel berapa bulan gituuuh. Protes sama orang keuangannya percuma. Dia sering kabur dari ruangannya!

Tapi Tuhan tidak tidur, sobat! Dia tahu hamba-Nya yang teraniaya. Alhamdulillah, dari proyek enterpreneurship mahasiswa yang lagi saya pegang waktu itu ada 'uang lelah'-nya. Cuma si resek Mak Lampir namanya minta maksa dimasukin juga. Heran deh, perasaan dia kagak lelah apa-apa. Pan semua kerjaan dia lempar ke anak-anak magang. Okelah dia dapet uang lelah. Tapi ada satu hal yang saya empet banget ama tuh Lampir (eh emang pernah ga empet?). Jadi ceritanya ada 1 minggu si Mak Lampir ini (sok-sokan) dinas keluar kota. Selama itu berarti dia ga ikut ngurusin program enterpreneur yang lagi berlanjut ke tahap 2 doong. Eh dia ngotot seminggu itu dia masuk dan namanya harus masuk ke daftar penerima 'uang lelah' minggu itu. Saya udah bilang ke bendahara kantor kalo saya bisa buktiin dia ga di kantor waktu itu. Pertama, saya pegang absensi orang-orang yang hadir waktu itu. Kedua, semua orang tahu dan ada catatannya bahwa tanggal tersebut dia dinas keluar kota. Bahkan saya masih inget ke kota mana dia tuju. Argumen saya ini diamini sama si bendahara kantor. Tapi karena watak ngototnya si Mak Lampir ngalahin supir angkot, jadi si bendahara kantor iya-iya aja masukin nama dia ke daftar penerima 'uang lelah' minggu itu. Yaudahlah ya, amit-amit jabang bayi aja deh pokoknya.

Setelah 2 bulan-an berikutnya, untungnya pihak manajemen kantor bisa ngurusin status dan gaji saya dan teman-teman magang lainnya. Dengan bayaran jam-jaman, alhamdulillah bisa dapet sekitar Rp 1 jutaan sebulan. Tapi teteup.. baru ditransfer 1-2 bulan berikutnya. Bahkan sampe saya kelar magang dan dapet kerja tetap beneran di perusahaan lain, tiba-tiba aja di suatu bulan September saya dipanggil buat ambil gaji magang bulan Juli!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.