Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 21 Maret 2012

Si Bungsu Menyebalkan Is Gone!

Wew, udah 2 minggu sejak saya mengupdate blog terakhir tentang "Singapore ed. I". Saya janji sejanji-janjinya buat ngepost yang edisi ke-2 (saat ini masih dalam draft dan berusaha mengingat-ingat ekspedisi saya waktu itu). Bukan karena males, bukan karena moody, tapi gara-gara gigi sialan yang bikin saya nunda begitu lama.

Di artikel blog "Si Bungsu Menyebalkan" saya menceritakan perihal si gigi bungsu yang bermasalah dan berdampak buruk sama kondisi kesehatan saya. Dan akhirnyaaaaa, 4 hari kemudian tepatnya Selasa, 4 Maret 2012 jam set 8 malam di RS Hermina Depok, saya menjalani operasi saya yang pertama. Sebenarnya luka pada gusi dan dinding mulut akibat gesekan si gigi bungsu belum sepenuhnya sembuh walaupun rasa sakitnya berkurang. Tapi tetep aja masih terasa ngilu-ngilu dikit. Sumpah! Bener-bener parno gue! Rasanya pengen banget kabur sambil teriak, "Saya ga jadi operasi dokterrrrr!!!".
Tambah parno lagi waktu ibu saya yang nemenin masuk ke ruang dokternya, sebelum saya operasi, diminta tanda tangan persetujuan operasi dengan segala resiko. Huwaduh! Kalo kata dokternya sih, dikhawatirkan resikonya berdampak ke SARAF!!??!!

Karena ga mungkin bisa lari lagi, saya pun pasrah. Yang terjadi, terjadilah. Dalam hati saya komat-kamit baca Al Fatihah dan dzikir. Sempet nanya konyol ke dokter:

Saya: Dok, dibius kan?
Dokter: iya.
Saya: dibiusnya di pantat apa di gigi?
Dokter: di dalem mulut.


Saya meremin mata. Dan ga putus-putus dzikir. Silahkan dok, obrak-abrik aja mulut saya. Dokter ngebius saya dengan nyuntik di bagian gusi (yang sayangnya deket luka jadinya sakit, je!). Beberapa detik kemudian saya ngerasa kesemutan di mulut dan pipi saya. Terus aneh, dipegang kayak ga kerasa apa-apa. Tapi hal itu ga berlaku buat luka di gusi dan dinding mulut saya. Tetep aja sakit. Terus pas si dokter ngoprek-ngoprek mulut saya, beberapa kali alat-alat si dokter nyenggol 'si luka'. Bo, bikin eyke ga tahan ga jejeritan.

Setengah jam kemudian operasi selesai, si gigi bungsu udah terdepak dan siap jadi pajangan di rumah. Pipi yang aslinya udah bengkak, jadi nambah BENGKAAAKK! Dan itu cuma berlaku buat pipi di sebelah kanan. Setelah operasi, selama 1 jam saya harus gigit tampon buat nahan darah yang keluar. Oiya, gusi yang dioperasi masih dijahit dan baru bisa dibuka 1 minggu setelah operasi. Udah gitu sakitnya rek! Ga bisa tidur aku! Terussss, ga boleh ngunyah selama 2 minggu. Ga bisa makan nasi soalnya bakal nyelip ke sela-sela gusi yang dioperasi. Jadi makannya tiap hari yang bisa langsung telen tanpa kunyah: mie - bubur - mie - bubur - dst plus 5 jenis obat yang harus diabisin. Sampe 5 hari ke depannya, pipi kanan masih bengkak dan bikin sebel kalo ngaca.
Setelah 1 minggu, jahitan operasi dilepas. Rasa sakit udah mulai hilang dan pipi berangsur-angsur mulai kembali bentuknya dari BENGKAAAKK! menjadi 'bengkak ajah'. Walaupun masih ada 1 minggu lagi ga boleh ngunyah, tapi saya mulai sedikit membandel dengan makan nasi. Butiran-butiran nasi yang sampe sekarang masih suka nyelip ke 'lubang' gusi bekas operasi bisa diatasi dengan kumur-kumur. Alhamdulillah sih sekarang udah pulih total walaupun masih ngerasa aneh karena kehilangan 1 gigi.

Harga operasi gigi di RS Hermina Depok untuk 1 gigi: sekitar Rp 2,5 juta (nett). Udah termasuk biaya operasi dan obat-obatan. Karena saya ada asuransi dari kantor, jadi biayanya dicover setengahnya (soalnya plafon 1 tahun operasi kecil buat jabatan eyke cuma dapet Rp 1,2 jt.. hiks! medit!). Tapi temen-temen kantor bilang biaya di RS-ku itu masih termasuk murah loh dibanding rs-rs di Jakarta.

Cumaaaannn.. masih ada 1 gigi lagi nih, si bungsu sebelah kiri, yang menanti giliran buat didepak juga. Soalnya kata dokter bahkan posisinya lebih miring dan lebih memungkinkan membuat luka. Kalo kata ibu, saya harus ngebuang si gigi bungsu kiri tahun ini juga, karena tahun depan kan aku.. ehem-ehem-ehem..

Dokter, bulan depan aje yee.. Masih trauma bo' sama operasi-operasian..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.