Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 06 Maret 2012

Singapore - ed. I

Tanggal 3 – 6 November 2011 lalu untuk pertama kalinya Ucrin Bersaudara (saya, Erwin, Mila, Dhoni) pergi keluar negeri ber-4 dengan sok-sokan backpacker. Tempat yang kami tuju adalah yang paling dekat dan ga terlalu menghabiskan banyak uang, it’s Singapore! Sebelumnya saya udah pernah ngepost tentang hal ini ketika masih sebelum pergi di sini dan saat udah pulang di sana.
Oke, kami norak. Tapi dengan kepergian yang kami arrange sendiri tanpa guide dan ga pake jasa travel, justru membuat perjalanan kami penuh makna dan ada banyak hal yang kami dapatkan dengan pengalaman sendiri.
1.       Kurs Mata Uang
Jika kita bepergian keluar negeri, pastinya kita akan menggunakan mata uang setempat. Tahun 2011 kemarin, harga tukar dollar singapur (SGD) ke rupiah: 1 SGD = Rp 7.100,- untuk harga jual. Sedangkan harga beli 1 SGD = Rp 6.900.
Saran saya, sebaiknya kita menukar rupiah di money changer yang ada di pusat-pusat perbelanjaan seperti ITC, Blok M Plaza, atau kantor-kantor money changer yang ada di pinggir jalan, daripada menukarnya di bandara. Alasannya, karena harganya lebih mahal sekitar 100-200 perak per 1 SGD. Emang keliatannya ga seberapa sih, tapi kalo kita mau tuker banyak kan lumayan. Disarankan untuk menukar uang di Indonesia, karena kalo di negara lain harganya suka lebih mahal dan buat menghindari biar ga ketipu juga.
Terus juga, karena kurs harga beli lebih murah daripada kurs harga jual, kita jangan terburu-buru nukerin SGD sisa kita ke Rupiah. Karena nilainya jadi turun. Saran dari saya adalah kalo emang bukan dalam keadaan mendesak butuh uang, disimpen aja SGD-nya. Jadi kalo nanti-nanti kita ke Singapur lagi, kita udah punya simpanan SGD yang bisa digunakan.

2.       Transportasi
·      PP Pesawat
Untuk tiket PP pesawat, kita bisa cek perbandingan harga pesawat di www.skyscanner.co.id. Biasanya situs tersebut mengusulkan penerbangan PP dengan harga termurah. Bisa jadi dari 1 maskapai untuk PP, atau 2 maskapai (jadi pulang sama pergi beda maskapai). Waktu liburan ke Singapur kemarin, kami pergi naik Air Asia dan pulang naik Lion Air. Karena kata Erwin yang waktu itu nge-booking­-in tiket pesawat, harganya lebih murah daripada PP pake 1 maskapai aja.
Tapi terus terang aja, kedua maskapai ini punya beda kualitas pelayanan. Air Asia emang agak ngaret beberapa menit waktu itu, tapi AC-nya dingin dan pramugarinya ramah-ramah banget, dan kami ber-4 duduk berdekatan. Dhoni bareng 1 sheet sama Mila, sedangkan saya sama Erwin di sheet belakang mereka. Kalo Lion Air waktu itu on time banget. Saking on time-nya saya dkk ga sempet sholat Ashar dan akhirnya kami sholat di dalam pesawat. Mungkin yang bikin saya agak kecewa adalah karena tempat duduk saya yang tiba-tiba kepisah sendiri dan kepental di sheet belakang, sedangkan temen-temen saya di sheet paling depan. Udah gitu kayaknya ada kerusakan AC karena panas banget dan ada bule yang keringetan terus ‘rewel’. Erwin pun bilang kalo dia sempet ngeliat ada pramugari yang ngedumel karena ‘keberisikan’ penumpang yang pada protes. Setau saya yang kerja di perusahaan jasa, customer is king. Jadi harusnya seprotes apapun customer, harus tetap dikasih pelayanan berkualitas dong. Saya sering ngedapetin artikel surat pembaca akan lemahnya kualitas maskapai ini. Ya semoga aja keluhan-keluhan customer diperhatikan dan menjadikan mereka lebih baik.
·   MRT dan Bus
Singapura adalah negara kecil yang luasnya cuma sekitar 549 km persegi (kalo ga salah inget catetan di buku IPS waktu kelas 6 :P). Negara ini lebih kecil daripada Jakarta, jadi sebenernya kalo kemana-mana lebih mudah. Sistem transportasi di negara ini sangat maju dan aksesnya mudah. Bisa menggunakan MRT (mass rapid train) atau kereta api bawah tanah, atau juga bisa dengan menggunakan bus. Karena di Jakarta saya sudah termasuk kategori KRL mania, jadi saya lebih suka naik MRT. MRT sendiri aksesnya sebetulnya lebih mudah dan menjangkau sampai bandara Changi.
Oh iya, ngomong-ngomong soal MRT.. kalo kereta Jabodetabek suka ngaret dan kereta berikut baru dateng sekitar 5 menit setelahnya, terus sering banget ada gangguan, udah gitu desek-desekan, banyak yang naik ke atap juga. Tentunya hal ini ga kita temuin di Singapur. Jarak antar kereta yang tiba dengan kereta berikutnya sekitar 3 menit. Ada mesin penghitung waktunya juga loh yang ngitung mundur selama 3 menit. Jadi hebatnya kereta dateng pas banget sesuai hitungan waktu. Katanya sih kalaupun ada gangguan, paling cuma nambah waktu 1-2 menit yang bagi orang Indonesia yang terbiasa ngaret 1 jam atau lebih, hal itu ga berarti apa-apa.
Ada beberapa perusahaan jasa yang melayani pembelian tiket MRT, jadi ada beberapa jenis tiket MRT. Yang waktu itu saya gunakan adalah jenis EZ Link yang saya beli di stasiun Changi. Waktu itu, EZ Link seharga 12 SGD dan sudah termasuk saldo 7 SGD. Untuk isi ulang, bisa dilakukan di mesin isi ulang dengan cara memasukkan tiket EZ Link kita. Lalu kita masukkan pula uang antara 10-50 SGD ke dalam mesin. Nanti secara otomatis tiket EZ Link akan terisi ulang sesuai saldo yang kita masukkan.
Tiket EZ Link ini bisa digunakan juga pada shuttle bus yang beroperasi di jalan-jalan Singapur. Shuttle bus ini mengingatkan saya sama bikun Jepang di UI yang dikendarai Pak Rapi’i, tapi kondisinya jauh lebih bagus. Ada bus yang tingkat juga loh. Terus ada yang duduknya berhadap-hadapan, jadi bisa ngobrol ber-4.

3.       Changi International Airport
Changi termasuk bandara yang canggih dan ramah terhadap backpacker. Ada beberapa spot khusus untuk para customer yang ingin bermalam. Waktu itu bahkan kami ber-4 tidur nggelosor di spot kosong sebelah pelayanan tax refund, karena spot yang buat tidurnya udah penuh keisi. Kata salah satu dari kami yang waktu itu sebenernya lagi ‘tidur ayam’, ketika kami tidur ada petugas yang datang ke tempat kami. Namun karena dilihatnya kami tertidur pulas, ia hanya melihat sebentar lalu pergi lagi. Mungkin dia ga pernah liat pemandangan wong ndeso dari Depok kali yee.
Di Changi juga tersedia komputer yang sudah tersambung ke internet dan dapat digunakan gratis oleh pengunjung. Biasa digunakan bagi mereka yang mau cari info penginapan, tujuan, atau sekedar update status.
Tersedia juga fasilitas buat yang pengen ngecharge hp. Selain ada colokan, bahkan ada charger hp-nya untuk berbagai jenis hp. Khusus buat charge BlackBerry, BB Singapur beda sama BB Indonesia. Coba aja colok, ga bakalan ngecharge sampe kepala botak. Hal inilah yang dialami Erwin dan Dhoni. Kalo aku, karena aku pake Nokia jadi ga masalah.Charge-nya sama aja di semua negara. Hehe.
Bagi yang muslim dan pengen sholat, silahkan ke lantai bawah karena musholanya ada di bawah. Lokasinya agak terpencil dan di sudut. Tapi pas ke sana, kondisinya beda sama mushola di mal-mal Indonesia yang udah di basement, tersudut, kecil, kotor, bau kaki pula. Tapi kalo di sini walaupun di sudut lantai bawah, tapi tempatnya agak besar, bersih (banget), adem (AC-nya dingin), dan ga bau kaki! Tempat wudhunya pun ada tempat duduknya, jadi enak kalo mau wudhu. Airnya juga dingin banget. Sebenernya kami berniat tidur di situ awalnya, tapi takut diusir.
Jarang ada orang yang mengunjungi mushola. Kalaupun ada biasanya orang Melayu kayak kami, India, atau Arab yang beragama Islam.

4.       Waktu
Waktu di Singapura lebih cepat 1 jam daripada Jakarta. Waktu sholat pun mereka beda jam. Kalo di Jakarta sholat Subuh sekitar jam set 5, kalo di Singapur baru sekitar set 6 atau jam 6 kurang bahkan. (Enak kan buat yang sholat Subuhnya suka telat). Sholat Zuhur pun baru mulai sekitar jam 1 siang. Sholat Ashar mulai jam 4-an, sholat Maghrib jam 7-an, dan sholat Isya jam 8-an.

*) to be continued aaahh.. capek!