Blog Archive

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 20 Juni 2010

Sepatu Pak Bubung

Lagi-lagi ini cerita lama, repost dari blog friendster jaman baheula di masa-masa kelabilan saya. Tulisan sudah saya edit karena yang aslinya terlalu panjang.

Peristiwa dimulai pada hari Kamis, 20 Juli 2006 (jeng jeng)
Hari itu yang harusnya gue menikmati hari libur MB gw yg cuman 2 minggu itu, gue malah latian MB di pusgiwa buat penampilan hari Sabtunya ngisi acara Sportvaganza yang diselenggarain sama Garda Oto bertempatan di belakang Citos. Tadinya gue udah ga mau ikut penampilan, tapi dengan segala macem jurus rayuan gombal, Dhoni akhirnya berhasil meyakinkan gue ikutan tampil.
Ya pada akhirnya gue again en again nyangkut di pusgiwa. Latihan lagu "Don't Worry Be Happy" sebagai soundtrack-nya Garda Oto. Mending kalo notnya gampang, ini mah bikin bibir pegel. Tapi ga apa, yang penting gue pake sepatu baru. Sepatu baru?! Bukan sepatu gue juga sih sebenernya. Sepatu yang gue pake sebenernya punya Pak Bubung. Jadi begini ceritanya:

Seminggu yang lalu keluarga gue outbond ke Garut. Tauk tuh acaranya dosen-dosen teknik UP. Kebetulan waktu itu gue ga bisa ikutan gara-gara mencret yang membuat berat badan gue turun dari 52 kg menjadi 48 kg. Enak sih sekarang gue yang ngatain adek gue gembrot. Balik lagi ke topik awal, intinya ibu gue ga punya sepatu kets buat outbond. Singkatnya ibu gue minjem sepatu si Pak Bubung. Sepatunya masih baru, warnanya putih, dan kinclong.
Beberapa hari kemudian, kebetulan gue mau ke kampus, gue pakelah tu spatu. Lumayan biar kerenan dikit. Pas latihan MB si Dhoni yang liat sepatu gue bilang, “Sepatu baru ya Bot?” 
Dalem ati gue berkata, “Belom tau dia!”
Terus kira-kira jam 4, kita istirahat solat Ashar. Ya gue lepas dong tu sepatu sebelum masup ke mushola –masa iya gue solat pake sepatu, kalu sepatu gue nginjek tokaicing gimana? Ntar gue dimarahin Tuhan. Sebelumnya, ada beberapa pengunjung pusgiwa lainnya yang juga pada solat. Setelah gue solat, gue make sepatu lagi. Tanpa pikir panjang gw asal main comot sepasang sepatu putih yang nangkring depan pintu mushola.
Pulang latihan, karena ujan dan macet di margonda, gue ngajak Dhoni solat Maghrib dulu di ITC. Selesai solat Maghrib si Dhoni nanya, “dih, boti sepatu siapa tuh lo pake?” 
Gue: ya sepatunya Pak Bubunglah yang gue pinjem.
Dhoni: emang iya? masa sih?
Gue: yee, tauan mana sih ma gue! Kan gue yang pake sepatunya.

Di rumah,
Adek: Sepatu siapa tuh?
Gue: Sepatu Pak Bubung.
Adek: Sepatu Pak Bubung?! Bukan ah, adek inget banget sepatu Pak Bubung ada garis merahnya.
Gue: Masa’ sih, kamu salah kalee!
Adek: Bener kok. Adek inget banget!
Gue: Ih orang ni sepatu kok yang dipake dari tadi pagi!
Adek: Tapi itu bukan sepatunya Pak Bubung!! (suara mulai meninggi)
Gue: Sepatu Pak Bubung!!!! (ga mau kalah)
Adek: Bukan!! Adek yakin bukan!! Orang, adek inget banget!

Setelah melalui perdebatan sengit dan saling ngotot-ngototan, akhirnya kami memutuskan bahwa sepatu itu bukan sepatu Pak Bubung, tapi mungkin sepatu bapak. Mungkin bapak diem-diem beli sepatu baru, lalu diumpetin biar ga ketauan, dan kebetulan aja gue temuin.

Peristiwa ini pun tidak usai begitu saja. Jumat, 21 Juli 2006. 
Lagi-lagi gue latihan MB tapi hari itu sekalian fitting kostum buat besok penampilan. Gue cerita ke Dhoni perdebatan gue sama adek gue tentang sepatu itu.
Dhoni: Iya bot, sepatu yg kmrn lo pake pertama itu ada garis merahnya.. Yg terakhir lo pake ga ada kan?!
Gue: ... (bengong
Dhoni: ... (jg bengong)
Setelah beberapa detik,
Dhoni: Gue ga tau ah!

JADI, INTINYA GUE SALAH MAKE SEPATU ORANG!!!

Ga tau mesti ngapain, ga tau mesti bilang apa sama bapak-ibu-adek, ga tau mesti sungkem atau sembah sujud sama Pak Bubung, ga tau mesti bunuh diri apa ngakuin secara jantan kalo gue salah -walaupun gue yakin gue ini murni betina.
Sesampainya di rumah, tiba-tiba aja ibu manggil, “Ti, sini deh ibu mau ngomong”. 
Gue: (seperti udah tau apa yang mau diomongin) Sepatunya kayaknya ketuker di pusgiwa waktu solat.
Ibu: Nnnnaaahhhh, akhirnya ketauan jg kan biang keroknya. 
Bapak, ibu, adek, dan pembantu: HIYAHAHAHAHAHAHA
Ibu: Pokoknya ibu ga mau tau, kamu harus ngaku dan minta maap ma Pak Bubung!
Gue: ... (speechless)
Sabtu, 22 Juli 2006 keluarga gue geger oleh telepon dari Pak Bubung pas Maghrib. Katanya Bude Nuni (sekarang beliau sudah almarhum. May you rest in peace) masuk rumah sakit karena kejang-kejang pas pulang kantor.
Gue sekeluarga langsung cabut ke RS Thamrin tempat bude gue dirawat. Di dalem mobil ibu bilang, “Inget kamu, minta maap sama P’Bubung di sana!”
sampe di sana, ibu nanya ke bagian informasi. Menurut petunjuk suster yang lagi jaga sih bude gue dirawat di lantai 3 ruang Intermediate yang mana itu adalah ruangan ICU. Buset dah! Si bude sekalinya masuk rumah sakit keren banget rasanya langsung dapet ICU gitu. Ya udah kita naek lift ke lantai 3. Eh pas pintu liftnya kebuka, jeng jeng jeng.. cilukba!
Munculah wajah Pak Bubung. Duh, kayaknya gue emang udah ditakdirkan berurusan sama nih orang. Kacau, kacau!
Setelah ber-"hai-hai" ria dengan Pak Bubung, kita sekeluarga langsung masuk ruangan tempat Bude Nuni diinfus. Si bude tidur dalam diam, tergolek tak berdaya, hanya bulu-bulu kakinya saja yg bergoyang. Tapi kok orang sakit dandan ya? Pake make up, lipstik, kutek lagi! Di ruangan iu udah ada Om Suryo, Yangkung (eyang kakung, bukan eyang kangkung, bego! Lo pikir eyang gue makanan ayam), dan ada “si botak” om Anis sobatnya Bude Nuni yang punya wajah campuran antara Pak Yanto-Mas Yadi tetangganya si Oneng.
Engga lama kemudian, entah dari mana dan kapan datengnya, Pak Bubung udah berdiri manis di sebelah gue sambil tangannya di pundak gue. Nah saat itu juga ibu gue dengan sukses ngomong dg suara toanya.
Ibu: Ti, sungkem kamu ma Pak Bubung! Hayo, kamu harus jelasin semuanya dari awal!
Gue: (dengan wajah memelas) Pak, maaf ya, sepatunya ketuker.
Pak Bubung: (dengan logat Sunda kentel) Ketuker dimana? 
Gue: Di kampus, pas lagi solat Ashar, kayaknya sih sengaja dituker.
Pak Bubung: Ya udah biarin ajah, orang tu sepatu saya juga dikasih.

Tiba-tiba Bude Nuni bersuara, “Tapi sepatunya jadi bagus, merknya Adidas. Punya Pak Bubung kan dikasih orang, paling harganya ga seberapa.” Si bude tuh tadi kayaknya sebetulnya sadar tapi cuma meremin mata, makanya tau pembicaraan gue dan Pak Bubung.
Emang sih kl dipikir-pikir ada benernya juga. Berarti justru gue yang untung dong. Udah dapet sepatu baru –Pak Bubung udah ga peduli lagi sama sepatunya- pas ketuker eh dapetnya Adidas. Ih apes banget tuh orang yang sepatunya ketuker. Lagian nuker-nuker sepatu orang. Situ pikir sepatu sini oke ya makanya dituker?!    

Beberapa hari kemudian, gue nemu tulisan pengumuman di pintu mushola pusgiwa yang bertuliskan:

Bagi yang menemukan sepatu putih ada warna biru di bagian samping merk adidas, silahkan hubungi 08***********

2 komentar:

  1. HUWUWAAAAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAKAWAKAKAK!!
    HUWAUKAKNYAKAKAKKANYAYAYAYYAYAAKAKAKAKAKAKAKK!!!
    HUWUUWANANAYAIAJAKAPODFAJAFAKAKAKAKKAKAKAKA!!!

    trus lo balikin tuh sepatu ato gmana bot???
    -penasaran ma ceritanyaaaa!!-

    BalasHapus
  2. yaudah akhirnya gue sms tuh orang dan janjian ketemuan besoknya di balairung, terus pas ketemu gue minta maaf sambil cengengesan kl gue salah ambil sepatu. tapi abis dapet sepatunya gue langsung ngacir. ga mau lama2 ketemu gue, MALU!!

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.