Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 24 Oktober 2012

Operasi ke-2 di 2012

Seumur-umur baru kali ini ngerasain operasi 2x dalam setahun! Setelah ngalamin operasi gigi bungsu yang masuk kategori operasi kecil, sekarang saya harus ngalamin operasi tumor jaringan lunak yang masuk kategori operasi sedang.

Jadi ceritanya, dari kecil itu saya punya semacam daging tumbuh alias kutil kalo bahasa kerennya. Letaknya ada di antara ketiak sama payudara. Sebenernya dari dulu udah disuruh buang sama nyokap, tapi eyke ga mau bo! Akoh takoooootttttt!!! Lagian saya juga ga ngerasa keganggu dan kayaknya emang itu cuma kutil biasa. Eh tapi kok ya lama-lama suka gatel gitu. Dan semakin bertambahnya usia, bertambah besar dan tinggi badan, si kutil tuh ikut-ikutan nambah gede doong!

Si ibu pernah cerita waktu kecil beliau juga punya kutil di tangan. Terus dengan pasrahnya dibuang sama yangkung dengan cara DIGUNTING gitu aja dong pake gunting kertas biasa. Setiap kali numbuh, gunting, numbuh, gunting, sampe lama-lama kutilnya ga numbuh-numbuh lagi. Idiiiih! Amit-amit deh gue mah ogah begitu!

Nah, sekian lama berselang sebenernya pertumbuhan kutil saya ini bisa dikatakan sedikit dan paling-paling cuma gatel-gatel doang, itupun ga sering. Cumaaaann.. Beberapa minggu terakhir ini kok ya saya ngerasain sakit di bagian kutil itu. Rasanya perih atau nyut-nyutan. Biasanya saya ngalamin pas lagi desek-desekan di kereta. Jadi takut doong saya tuh kutil berubah ganas. Langsunglah lapor ke ibu dan periksa ke rumah sakit. Karena selama ini suka saya cuekkin, jadi kan saya ga merhatiin ya kutil saya itu sekarang bentuknya gimana. Eh kok ya makin gede. Hiiiii..

Awalnya saya ke poliklinik umum dulu karena ga tau mesti ke bagian mana meriksanya. Pas dicek dokternya ternyata dia menyarankan untuk periksa ke poli bedah. Waktu saya minta surat rujukan dokter, kata dokter umumnya ga pake juga ga apa-apa. Et dah, ini mah sama aja saya 'nyumbang' duit ke poli umumnya. Karena waktu itu udah kemaleman dan poli bedahnya tutup, saya baru periksa ke poli bedah besoknya. Sebelumnya kata dokter umumnya, pertumbuhan kutil saya itu diakibatkan hormon.

Besoknya sepulang kantor, saya langsung periksa ke poli bedah. Awalnya kan yang meriksa susternya dulu ya, ngecek kesehatan saya secara umum. Eh dari tempat duduknya yang agak jauh dari tempat saya diperiksa, si dokter bedahnya bilang "Itu udah keliatan tuh dari sini."
Terus kenapa dok kalo keliatan? Si dokter pun nanya-nanya apa saya ngerasa gatel, pernah berdarah, dan pernah berubah warna gak? Saya jawab, cuma gatel-gatel aja dan akhir-akhir ini suka tiba-tiba sakit selama beberapa detik tapi abis itu ilang lagi.
Kata dokternya, kutil saya itu udah masuk kategori tumor. Soalnya warnanya hitam dan gatel. Untungnya belum berubah jadi ganas. Katanya kalo sebelumnya kutilnya itu berubah warna atau pernah berdarah itu udah masuk kategori ganas. Hiiiii..

Yaudahlahya, segera dibuang aja. Kata dokter mesti operasi dan pake acara rawat inap, karena saya harus dibius total buat ngebersihin ni tumor sampe ke akar-akarnya. Setelahnya saya ke bagian administrasi buat register operasi dan kamar rawat inapnya. Saya dijelaskan tentang biaya-biaya yang akan keluar. Dengan kamar kelas 3 (1 kamar isi 6 orang), total biaya yang keluar sekitar Rp 7,5jt belum termasuk obat-obatan dan konsultasi dokter. Mahaaaalll!! Aduh eyke mau kawin butuh duit banyak, udah irit-irit ga ngehedon sama bawa bekel dari rumah setiap hari ke kantor, ini malah jadi ngeluarin duit buat rumah sakit! Berdoa semoga biaya-biayanya bisa ditanggung sama asuransi kantor. Tauk dah nih plafon saya udah mencapai batas apa belum. Alhamdulillah ortu nyanggupin buat bayarin seandainya ternyata biaya rumah sakitnya ga tercover sama asuransi kantor saya.

Baru tau juga ternyata kalo pake asuransi apa engga itu biayanya beda :P. Kalo pake jaminan/asuransi, harganya lebih mahal. Kalo yang saya liat di daftar harganya sih beda sekitar Rp 300ribuan. Lumayan bo' buat bikin souvenir/undangan (dilema calon pengantin).

Terus buat ngecek kesehatan pra-operasi, saya mesti cek lab (darah+urine) dan radiologi alias rontgen. Hasilnya, Hb saya rendah. Dari normalnya 12, saya cuma 10. Kata dokter, Hb rendah menyebabkan penderita cepat ngantuk dan mudah lelah. Pantes aja eyke suka ngantuk waktu kuliah. Hehe.. (mencari pembenaran IPK kecil). Pas kerja aja saya masih suka ngantuk.
Pas konsul anestesi, dikasih tau kalo kesehatan saya secara keluruhan baik dan siap operasi. Palingan abis operasi saya bakalan ngerasa capek luar biasa. Kata dokter anestesinya, sebenernya kelar operasi bisa langsung pulang. Tapi tergantung dari kondisi pasien juga. Biasanya sih si pasien dirawat inap paling ga 1 hari. Untuk pemulihan luka bekas operasi antara 3-5 hari.

Kan saya cerita tuh ya besoknya ke temen-temen sedivisi saya di kantor. Kata salah satu temen saya, dulu adeknya juga kayak gitu. Ada daging tumbuh di deket payudara dia. Katanya itu diakibatkan oleh hormon yang terlalu subur, sehingga menyebabkan kista. Kista bentuknya macem-macem. Bisa nyerang ovarium atau bisa tumbuh di bagian tubuh lain, misalnya kayak daging tumbuh yang ada pada saya ini. Dan untuk ngatasinnya sebenernya gampang, yaitu: cepetan kawin!!

Kalo saya pikir-pikir iya juga ya. Saya pertama kali haid waktu naik kelas 4 SD dan belum genap 9 tahun waktu itu, kecepetan buat anak perempuan haid apalagi waktu itu masih tahun 90an (katanya sih kalo sekarang udah banyak anak umur 8-9 tahun haid). Terus haid saya langsung lancar tiap bulannya. Mungkin karena saya terlalu subur, mungkin sampai umur tertentu hormon saya 'minta' dimanfaatkan untuk hal lain, misalkan hamil. Makanya tiba-tiba aja kutil saya malah jadi nambah gede dan suka sakit akhir-akhir ini.
Yah, emang udah disuruh kawin kali ya sama Tuhan. Hehehehehehe..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.